Pesantren Salafiyah Zainul Hasanain Genggong Gelar Diklat Menulis

Tidak ada Komentar Share:

Genggong: “Jurnalistik merupakan hal yang berkaitan dengan kewartawanan dan media massa. Jurnalistik juga salah satu sarana yang baik untuk dunia dakwah dan pendidikan. Tapi bisa juga menjadi wadah untuk kejahatan oleh beberapa oknum yang suka menyebar isu tidak benar atau hoax,” begitulah petikan materi Diklat Jurnalistik yang disampaikan oleh Ustadz Mohammad Hendra di Pondok Pesantren Salafiyah Zainul Hasanain Genggong, Sabtu, (25/01/2020) lalu.

Ustadz Hendra (sapaan akrabnya-red) mengungkapkan bahwa peran Pesantren dalam jurnalistik sangat penting. Karena dapat merubah hal-hal negative menjadi hal yang positive dengan cara mengintegrasikan antara Tsaqofah Islamiyah dan Kauniyah berdasarkan pedoman Al-Qur’an dan Sunnah dalam dunia jurnalistik itu sendiri.

“ Menurut saya, santri itu wajib menguasai ilmu jurnalistik, informasi dan komunikasi serta tulis menulis karya ilmiah lainya, apalagi di zaman sekarang, ini jalur dakwah juga kok” tuturnya.

Menurutnya, menulis adalah seni. Seni untuk memilih kata, diksi yang kita gunakan. Bukan hanya untuk formalitas, melainkan juga kepuasan tersendiri,Menulis bukanlah perihal yang mudah, melainkan harus memiliki kemampuan. Tapi kemampuan saja belum cukup, harus ada komponen-komponen yang mendorong seperti ide, inovasi dan kreativitas,” ujar pengajar di MA Zainul Hasan 1 Genggong ini.

Sementara Ustadz Roby Maulaya saat sambutan menuturkan bahwa tujuan menggelar diklat jurnalistik ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis, mengolah kata, mengetahui standar penulisan yang baik dan benar, dan juga kode etik jurnalistik.

“ Tindak lanjut diklat ini adalah mengaktifkan penulisan karya ilmiah di majalah dinding (Mading), bulletin dan buku, terpenting juga pembuatan berita kegiatan pesantren,” tutur ketua lembaga pengembangan dakwah (LPD) Pondok Pesantren Salafiyah Zainul Hasanain Genggong.

Diklat jurnalistik yang diikuti oleh 30 santri putra itu mengambil tema semangat menulis, bagkitkan literasi sarungan dimulai pada pukul 20.00Wib hingga pukul 00.00 Wib. (*)

Previous Article

Berikut Rangkaian Acara Milad dan Reuni MA ZAHA 1 Genggong

Next Article

SMA Zaha Genggong meriahkan Muktamar Kopi Pesantren, Ini Andalanya

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: