Santri Baitus Sholihin Genggong Roan Akbar Menjelang HSN

Tidak ada Komentar Share:

GENGGONG – Sambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019, Santri Baitus Sholihin Genggong Timur, Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan gelar roan akbar pada Senin (21/10/2019) pukul 15:30 WIB, di sekitar area pondok.

Kegiatan roan atau dalam bahasa keseharian dikenal dengan sebutan bersih-bersih ini diikuti seluruh santri Baitus Sholihin. Tampak santri antusias membersihkan seluruh area pondok sampai gerbang utama yang berada cukup jauh dari pondok.

Tampak beberapa pengurus pondok dan asatidz mengawal kegiatan ini. Mereka mengarahkan santri dengan membagi tugas bersih-bersih dari halaman pondok, kamar, sekitaran kediaman pengasuh sampai jalan sepanjang pondok.

Kepala Madrasah KH. Ahsan Qomaruzzaman mengatakan, roan merupakan adat para santri sebagai bentuk pengabdian pada pondok dan kiai. “Dengan Berkhidmah mereka dapat membersihkan hatinya dari sifat sombong dan penyakit hati lainnya. Dan salah satu sebab mendapatkan keberkahan,” jelasnya.

Sementara Pengasuh Ponpes Baitus Sholihin Genggong, KH. Moh. Hasan Maulana mengatakan, kebersihan adalah sebagian dari iman. Menurutnya, santri yang menggelar bersih-bersih di pondok ini menggambarkan tidak ada perbedaan status dan latar belakang di antara mereka. “Mereka semua sama, yakni sama-sama berkhidmah pada ma’had (pesantren),” jelasnya. (fid)

Previous Article

Drama Kolosal Resolusi Jihad KH. Hasyim Asy’ari Meriahkan HSN

Next Article

Raih Beasiswa, 3 Santri MA Model Terbang Ke China

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: