Tingkatkan Kompetensi Guru, SMA Zaha 1 Gelar workshop Pembuatan Soal

Tidak ada komentar Share:

GENGGONG – Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru khususnya pada penjaminan mutu penilaian (assesment), SMA Zainul Hasan 1 menggelar workshop pembuatan soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada Rabu (24/11/2021). Acara yang diikuti oleh seluruh guru pengampu mata pelajaran ini digelar di Aula Barozain SMA Zaha 1.

Drs. Djoko Suryanto, M.Pd didatangkan sebagai narasumber dalam acara ini. Beliau merupakan pengawas pendidikan menengah (dikmen) cabang dinas wilayah Kabupaten Probolinggo. Setelah ulasan materi tentang soal HOTS, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok membuat soal HOTS yang harus sinergi dengan RPP yang di buat. Kemudian setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.

Narasumber yang akrab disapa Bapak Djoko ini menjelaskan pentingnya sinergi pembelajaran HOTS. “Sebelum menyusun soal HOTS, pembelajaran harus HOTS juga. Maka RPP yang disusun oleh guru pengampu harus HOTS dan pada kegiatan belajar mengajar (KBM) juga HOTS. Siswa tidak akan bisa mengerjakan soal HOTS jika pada KBM guru hanya mengandalkan model ceramah saja” jelasnya.

Eksan Witoko, kepala SMA Zaha 1 menjelaskan dalam sambutannya, bahwa guru dituntut untuk bisa berinovasi dalam mengajar yang mengajak siswa berpikir tingkat tinggi.”Guru perlu terampil menyusun soal yang bagus yaitu soal yang membuat siswa berpikir tingkat tinggi dalam menjawab soal. Maka dari itu sekolah membekali keterampilan tersebut lewat workshop ini”. tuturnya. (ais)

Rate this post
Previous Article

Rayakan Hari Guru Nasional, Santri Baitus Sholihin Genggong Sungkem Guru

Next Article

Aksi OSIS MTs. Zaha Rayakan Hari Guru Nasional Bikin Para Guru Terharu

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: