Tingkatkan Sinergitas, MA Model-MTs Zaha 1 Jalin Kerja Sama

Tidak ada Komentar Share:

GENGGONG- Demi meningkatkan keterampilan santri dalam menguasai bahasa Arab dan Inggris, MA Model Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, mengadakan praktik mengajar di MTs Zainul Hasan 1 Genggong. Mereka menjadi fasilitator selama tiga hari mulai Senin-Rabu (23-25/9/2019).

Fasilitas itu sebagai bentuk dukungan dan kerja sama antara MTs Zaha 1 dan MA Model di dunia pendidikan. Ke dua belah pihak optimistis untuk mensukseskan Program Amaliyah Tadris tersebut. Praktik mengajar ini merupakan dedikasi santri MA Model dalam mempraktikkan disiplin ilmu yang mereka peroleh selama menjalankan kegiatan belajar.

Ada empat santri MA Model yang diutus ke MTs Zaha 1. Mereka terbagi menjadi dua kelompok. Terdiri dari dua santri putra yang praktik di kelas putra dan dua santri putri yang praktik di kelas putri. Di antaranya, ada Afifullah Al-Asyari praktik mengajar bahasa Arab; Dzikri Dinikal Arsy mengajar bahasa Inggris; Adelia Damayanti mengajar bahasa Arab; dan Ayu Sulistiyowati praktik mengajar bahasa Inggris.

Afifullah Al-Asyari misalnya, praktik mengajar di kelas IX-E. Dia membuat lagu yang berjudul “Salam Min Qolbina.” Lagu ini berisi tentang motivasi agar bersemangat dalam belajar bahasa Arab. Ia mengajak siswa bernyanyi bersama dan menghafal bahasa Arab dengan lagu. Penggunaan media lagu membuat siswa makin antusias belajar bahasa Arab.

Setelah bernyanyi bersama, siswa diberi lembar kerja. Pertama untuk membuat kalimat bahasa Arab ajakan dengan menggunakan kata ‘ayo’ dan ‘mari.’ Kalimat ini bermakna ajakan kepada teman untuk melakukan kegiatan positif. Seperti, “mari kita membaca buku, ayo memberi salam, dan sebagainya.”

Pada lembar kerja ke dua, siswa ditugaskan memilih salah satu gambar dalam cerita. Gambar itu diuraikan dan dideskripsikan dengan kata-kata siswa sendiri dalam bahasa Arab, kemudian dipresentasikan oleh siswa.

“Dari praktik mengajar ini saya mendapatkan pengalaman cara meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui pembelajaran. Kepercayaan diri siswa untuk membaca, menulis, dan menyampaikan hasil karyanya juga meningkat,” ujar Afif.

Kepala MTs Zaha 1 Genggong K.H. Moh. Hasan Naufal mengapresiasi adanya kegiatan ini. “Santri bisa menyalurkan ilmu yang didapat. Utamanya di bidang bahasa Arab dan bahasa Inggris,” ujarnya. (rfq)

Previous Article

Bekali OSIS MTs Ilmu Jurnalistik-Kepemimpinan

Next Article

Majlis Hasbana Santuni Ratusan Anak Yatim

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: