Bekali OSIS MTs Ilmu Jurnalistik-Kepemimpinan

Tidak ada komentar Share:

GENGGONG- Guna membekali Pengurus OSIS (IPNU/IPPNU) dalam menjalankan program-programnya, Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 Genggong menggelar kegiatan Diklat Pengurus OSIS (IPNU/IPPNU) masa khidmat 2019-2020 pada Jumat (27/9/2019). Kegiatan ini berlangsung di dua tempat, yakni OSIS putri di ruang kelas VII J dan OSIS putra di ruang kelas VII C.

Materi diklat dibagi menjadi dua, yakni pelatihan jurnalistik bagi OSIS putri dan latihan dasar kepemimpinan bagi OSIS putra. Selain pengurus OSIS, diklat ini juga diikuti oleh seluruh ketua kelas dan Duta Madrasah.

Kegiatan jurnalistik dimulai pukul 07.30 WIB dengan menghadirkan pemateri dari Jawa Pos Radar Bromo, Rudianto. Alumni Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, ini mengatakan menulis sejatinya mudah, apalagi menulis berita. “Tinggal kita mau menulis berita dari sudut pandang mana,” ujarnya.

Menurutnya, bagi penulis, termasuk jurnalis, sangat penting untuk memikirkan bagaimana agar tulisannya berbeda dengan karya jurnalis lainnya. Meski objek tulisannya sama. “Penulis atau jurnalis yang hebat itu adalah mereka yang mampu menemulan angle yang bagus,” ujarnya.

Setelah mendapatkan materi, para peserta diajak mempraktikkannya. Meski acara sampai sore, para peserta tampak antusias mengikuti acara. Terutama saat praktik membuat berita.

Di akhir acara, Pembina OSIS Putri, Ustad Agus Setiawan memberikan hadiah kepada dua peserta terbaik dalam membuat berita. Dua santri tersebut adalah Khoirun Nisa’ dan Ghinan Nafsi Manzilatul Hasanah. Mereka sama-sama dari kelas VIII H.

Di lain tempat, OSIS putra mendapat materi tentang Latihan Dasar Kepemimpinan dan pengetahuan tentang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Materi ini disampaikan oleh Ustad Mochammad Hendra, M.Pd.I. Menurutnya, seorang pemimpin dimulai dari memimpin diri sendiri. “Seorang pemimpin harus tahu dan mengerti ilmunya. Jika tidak, maka organisasinya akan hancur,” ujarnya.

Tidak kalah dengan OSIS putri, OSIS putra juga begitu saksama mendengarkan materi yang disampaikan oleh ustad yang juga dosen di STIH Zainul Hasan Genggong ini. Selain mendapat materi tentang kepemimpinan dan IPNU, para peserta (OSIS putra) juga diberi game yang mengasah kemampuan memimpin dan bekerja sama santri. (ag)

4/5 - (1 vote)
Previous Article

Belajar Budaya Disiplin dari Mahasiswi Jerman

Next Article

Tingkatkan Sinergitas, MA Model-MTs Zaha 1 Jalin Kerja Sama

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan