Mendidik anak untuk patuh kepada orang tua

Tidak ada Komentar Share:
patuh kepada orang tua
patuh kepada orang tua

Mendidik anak dengan kekerasan tidak akan membuat anak menjadi patuh pada orang tua, namun justru sebaliknya anak akan melawan dan tumbuh menjadi seorang anak pemberontak. Kepatuhan pada anak sebaiknya muncul dari kesadaran dalam diri anak tersebut, bukan karena paksaan ataupun kekerasan. Orangtua sebaiknya mendidik kepatuhan anak dengan cara yang membuatnya menyadari bahwa kepatuhan adalah nilai positif.

Sayangnya hal itu tidaklah mudah. Semua harus melewati proses yang membutuhkan kesabaran dan usaha ekstra, dan tentunya hal ini bukanlah hal yang tidak mungkin.

Berikut adalah cara untuk melatih dan membuat anak supaya menjadi lebih patuh.

1. Berikan Contoh Positif
Ini adalah cara yang paling efektif untuk membuat anak patuh. Beri contoh pada mereka apa yang harus mereka perbuat. Jangan sampai mereka justru melihat Anda melakukan hal yang Anda larang kepada mereka.

2. Menjelaskan hal kepada mereka
Jelaskan kepada mereka maksud dan tujuan baik Anda menetapkan aturan pada mereka, sehingga mereka mengerti kenapa mereka harus mematuhi peraturan yang Anda buat.

3. Mengerti Perasaan Mereka
Anak umumnya tidak dapat merespon dengan baik bila kita menghadapi mereka dengan bentakan atau amarah. Tegas bukan berarti harus bersikap keras, Anda bisa lebih lembut. Coba untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan Anda.

4. Konsisten
Untuk melatih anak supaya lebih patuh Anda harus konsisten dalam menentukan peraturan. Bila hari ini Anda melarangnya bermain di jalanan, maka minggu depan peraturan ini harus tetap dijalankan, karena anak selalu mencari celah untuk bisa melanggar aturan yang dibuat orangtuanya.

5. Berikan Pujian
Jangan ragu untuk memuji dan membesarkan hati mereka ketika mereka melakukan hal yang kita inginkan. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dihargai atas usahanya.

Memang tidak mudah menjalankan peran sebagai orang tua, apalagi kita tidak pernah mendapatkan sekolah formal mengenai bagaimana cara mendidik anak. Mudah-mudahan dengan menerapkan cara-cara tersebut, tugas kita untuk mendidik anak, terutama anak yang hormat kepada orang tua menjadi lebih mudah. Amin.

Previous Article

Awas! Rokrik 10 Kali Lebih Berbahaya dariok Elekt Rokok Biasa

Next Article

Pesantren, Produktifitas dan Sastra

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: