Hadapi Wabah PMK Jelang Idul Adha, Ini Pesan Ketua Umum MUI Jawa Timur

Tidak ada komentar Share:
KETUM MUI JATIM: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah pada acara Koordinasi dan Halal Bihalal MUI Kabupaten Lumajang, Rabu 8 Juni 2022 di Pendopo Arya Wiraraja. (Foto: Kominfo MUI Jawa Timur)

LUMAJANG – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah menegaskan, umat Islam selalu berkemauan untuk meningkatkan ibadah dan amal baiknya.

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha, selain berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji, umat Islam berusaha untuk melakukan ibadah kurban. Sayangnya, pada masa-masa sekarang ini justru masyarakat menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan-hewan ternak, seperti kambing dan sapi.

“Oleh karena itu butuh kerja sama antar semua komponen untuk menghadapi masalah ini. Menjelang Hari Raya Idul Adha, semua masyarakat ingin beribadah kurban,” tutur KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah.

Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo mengungkapkan hal itu, saat menghadiri Koordinasi dan Halal Bihalal MUI Kabupaten Lumajang, Rabu 8 Juni 2022 di Pendopo Arya Wiraraja.

Lebih jauh Kiai Mutawakkil -panggilan akrabnya- meminta adanya sinergi antara MUI dan pemerintah. Dengan kerja sama antara ulama dan umara, niscaya segala persoalan yang terjadi di tengah masyarakat akan bisa diatasi dengan baik.

“Saya titip agar menjaga relasi harmoni dengan bupati. Bagaimanapun sinergi ini dibutuhkan untuk kemaslahatan warga Lumajang,” katanya.

Dalam acara yang sama, Bupati Lumajang Thoriqul Haq meminta kepada MUI Kabupaten Lumajang untuk melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan kurban.

“Karena tidak semua orang membaca dan mengerti fatwa MUI. Kamu mohon dibantu untuk sosialisasi bagaimana hewan kurban yang sah untuk kurban apalagi saat merebaknya PMK,” ujarnya.

RAMAH TAMAH: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah bersama para ulama, didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq pada Rabu 8 Juni 2022 di Pendopo Arya Wiraraja. (Foto: Kominfo MUI Jawa Timur)

Bupati Thoriq pun berharap masyarakat dapat saling membantu menghadapi wabah ini.

“Pemkab Lumajang sudah berikhtiar mencari titik temunya, jika masyarakat ingin berkurban saran kami membeli sapi di peternak. Kami harapkan masyarakat saling membantu agar semua berjalan dengan baik,” tuturnya. (*)

5/5 - (1 vote)
Previous Article

Haul Nyai Hj. Endah Nihayati Saif Dibanjiri Ribuan Warga

Next Article

Ribuan Muhibbin Peringati 100 Hari Wafatnya Ibu Nyai Azizah Aziziyah Saif

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: