Kembangkan SDM Santri, Pesantren Genggong Probolinggo, Rangkul Konjen Jepang

Tidak ada komentar Share:

PROBOLINGGO – Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, melakukan kerjasama dengan Konsulat Jendral (Konjen) Jepang Surabaya, Selasa (14/12/2021). Guna meningkatkan mutu dan kualitas para santri untuk semakin lihai bersaing di kancah internasional.

Rombongan dari Konjen Jepang itu tiba di PZH Genggong, sekira pukul 10.15 WIB. Dalam rombongan itu turut hadir, Mr. Takeyama Kenichi, Ms. Tsumura Moe, dan Mr. Muchamad Zinuri. Mereka disambut hangat oleh Pengasuh PZH Genggong KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, dengan sejumlah guru-guru dan ribuan santri.

Dalam sambutannya, Kiai Mutawakkil menyampaikan, memang dalam sejarahnya, Negara Jepang memiliki kisah tak apik dengan bangsa Indonesia saat masa penjajahan dulu. Namun, peradaban telah berubah.

Kini, kata beliau, ikatan persaudaraan antara Indonesia dan Jepang sangat kental. Bahkan, banyak warga Indonesia yang sudah lama bekerja di Negeri Sakura itu. Begitu pula sebaliknya, banyak warga Jepang yang tinggal di Indonesia. Bahkan banyak juga perusahaan Jepang yang berdiri menyerap tenaga kerja lokal.

Sehingga, kata Kiai Mutawakkil, dengan kerjasama ini, dapat membuahkan manfaat bagi pesantren dan dua negara tersebut.

“Semoga tambah erat hubungan dalam bekerjasama dan dapat saling memberikan manfaat bagi pesantren dan kedua negara, Indonesia dengan jepang,” ujarnya.

Kiai Mutawakkil berharap, dengan adanya kerjasama dan ikatan tersebut, dapat menambah dan meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh lembaga Pesantren Genggong. Sehingga para santri nantinya dapat lebih banyak menorehkan prestasi di kancah internasional.

“Sekarang terbukti beberapa santri sudah mulai menorehkan prestasi di berbagai ajang kompetisi tingkat Internasional. Semoga ke depan semakin bertambah,” kata Kiai Mutawakkil yang juga menjabat sebagai Ketua Umum MUI Jatim itu.

Sementara, Cobail General, Konjen Jepang Surabaya, Mr. Takeyama Kenichi tak menyangka sambutan di pesantren tersebut begitu meriah dan ramah. Terlebih lagi, dalam berjalannya acara menggunakan bahasa Jepang.

“Kami sangat senang sekali karena di pesantren ini ada pelajaran bahasa jepang,” tuturnya dalam Bahasa Jepang yang diterjemahkan oleh Muchamad Zinuri.

Mr. Takeyama Kenichi menambahkan, Jepang dan Indonesia sudah menjalin hubungan baik sangat lama, utamanya dalam Hubungan bidang ekonomi, politik, budaya dan pendidikan, begitu juga dalam hal ekspor dan impor.

“Maka dari itu, kunjungan kami saat ini akan menyampaikan terkait beasiswa pemerintah jepang, kesehatan, kesempatan bekerja di jepang melalui skema pekerja dengan keterampilan spesifik, pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri dan dalam hal ekonomi dan budaya jepang,” jelasnya. (hen/lil)

5/5 - (1 vote)
Previous Article

Resmi, Sahabat Yasin Madani Terpilih Menjadi Ketua PK PMII UNZAH

Next Article

Pendadaran Ke-Genggongan, Nun Hassan Ahsan Malik Bekali ini Kepada Mahasiswa

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: