Ulama Hingga Sesepuh Suku Tengger, Hadiri Haul Akbar Genggong

Tidak ada Komentar Share:

GENGGONG – Putera sulung almarhum KH. M. Damanhuri Romly, gus dr. Moh. Harris Damanhuri Romly banyak merangkul kalangan dalam acara haul ayahandanya pada Rabu malam (12/2/2020) di halaman P-5 Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Dalam sambutannya, beliau mengaku ayahandanya adalah keluarga Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang, yang dimakamkan di luar area pesantren dimana beliau dibesarkan.

“Almarhum satu-satunya keluarga besar Pondok Darul Ulum Jombang yang tidak dimakamkan di Rejoso, tapi di Pondok Genggong,” jelas Gus Harris.

Gus Harris banyak mengucapkan terima kasih pada hadirin dari berbagai lapisan masyarakat yang telah menyempatkan hadir pada haul ini.

Tampak hadir KH. Agoes Ali Mashuri, Pengasuh Pesantren Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo, Habib Muhammad bin Husein bin Habsy, Solo. Beliau berdua didapuk sebagai penceramah agama pada haul kali ini.

Hadir juga Asparagus (Aspirasi Para Gus), salah satu Komunitas Para Gus se Jawa Timur, Persatuan Islam Tionghoa dan Pengurus Masjid ChengHo, Pandaan.

Tidak hanya kalangan ulama, tapi juga hadir dari kalangan pemerintahan dan berbagai komunitas. Salah satunya komunitas Ontel, Moge dan Vespa.

“Sebenarnya, gus Halim, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi akan hadir. Namun saat diperjalanan beliau harus mendapatkan perawatan medis,” jelasnya.

Ketua Lembaga Sensor Film Indonesia, Mayjen (Purn) Dr. Ahmad Yani Basuki, M.Si., dan sesepuh suku Tengger, Probolinggo juga hadir pada haul kali ini. “Meski mereka bukan islam, sesepuh agama Hindu, Tengger hadir pada malam ini,” jelas gus Harris.

Haul Akbar ini, tambah Gus Harris, diawali dengan berbagai rangkaian acara. Diantaranya; Ngaji Tani Akbar dan Muktamar Kopi pada Januari lalu.

Bulan Maret mendatang, Gus Harris akan menggelar Genggong Go Green sebagai bentuk kepedulian pesantren pada lingkungan. “Program ini bertujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya ruang hijau, hidup bersih dari sampah dan pentingnya kesehatan,” pungkasnya. (fid)

Previous Article

Mengenalkan Para Pendiri Pesantren Dengan Ziarah

Next Article

Suweg Lapis Genggong Resmi Bersertifikat Halal

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: