Puisi Santri MA Model Juarai FBI

Tidak ada Komentar Share:

Duduk manis di ujung kemarau
Menunggu datangnya penghujan
Mengasah tanduk luat berkilau
Meramu jamu kuatkan jiwa
Manjakan penuh sang juara

Penantian lama kini tiba
Sepasang sapi unjuk raga
Lantunan gamelan penuh makna
Tak henti-hentinya mendendang telinga
Jiwa-jiwa disapa mari berlomba

Bentang luas tanah nan tandus
Gemelatuk kaki berlari
Beradu cepat di bawah langit
Bersaing teguh setajam celurit

Pecut melayang bagaikan petir
Menyambar, mengadu tanpa berpikir
Sorak-sorai membakar hati, sapi-sapi berlari
Budaya penuh makna, karapan sapi namanya
Indonesia punya ….

Demikian penggalan puisi yang berhasil memukau para juri Festival Bahasa Indonesia (FBI) 2019. Puisi karya santri MA Model Zainul Hasan Genggong, Kecamtan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Hendra Darmawan, 16, ini juara tiga tingkat SMA sederajat se-Jawa Bali, Sabtu (12/10/19). Karyanya menyisihkan karya 45 peserta lainnya.

Hendra berhasil meraih juara dalam lomba Cipta dan Baca Puisi pada Festival Bahasa Indonesia (FBI) 2019. Lomba ini digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJBSI) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Remaja dengan tinggi badan 162 sentimeter ini mengaku kaget saat mendapat mendapatkan kabar sebagai juara. Ia mengaku tak menyangka bisa menjadi juara dalam festival bertema “Semangat Berbahasa dan Bersastra dalam Cipta Karya Kembangkan Generasi Bangsa” ini. “Saya benar-benar kaget, sebab tidak ada bayangan meraih juara karena kompetisinya se-Jawa Bali,” ujarnya.

Nur Aisah Kusmiati, S. Pd. selaku pembina mengaku sangat bersyukur prestasi dari Lomba Cipta Puisi ini, karena berhasil mengungguli sejumlah puisi yang diikuti 45 peserta se-Jawa Bali.

Kepala MA Model Zainul Hasan Genggong, Ahmad Muzammil, M.Pd.I. mengaku, sangat bangga sekaligus bersyukur atas prestasi yang diukir santrinya. Awalnya, ia mengaku juga pesimistis santrinya bisa meraih juara. Sebab, waktunya bersamaan dengan ujian tengah semester yang pasti membuatnya tak fokus.

“Alhamdulillah, torehan juara tiga ini sudah cukup. Saya berharap yang akan datang akan lebih baik lagi. Kami berjuang untuk Genggong, melangkah ke Internasional, pokoknya kami tampilkan yang terbaik buat Genggong,” ujarnya. (rfq)

Previous Article

SMA Zaha Borong Juara Voli Bersarung

Next Article

Biasakan Baca Alquran-Bahasa Inggris, Disiplin Santri SMA Meningkat

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: