Lomba Haflatul Imtihan; Asah Bakat Santri

Tidak ada Komentar Share:
Lomba Sepak Bola
Lomba Sepak Bola

GENGGONG – Sudah menjadi teradisi, setiap menjelang Haflatul Imtihan Pesantren Zainul Hasan menggelar lomba akirussanah yang diikuti setiap delegasi daerah dari setiap satuan pendidikan. Pelaksanaan Haflatul Imtihan yang ke 82 sudah semakin dekat. Berbagai persiapan mulai digelar, seperti yang dilaksankan jum’at pagi (9/5) di lapangan P5 Pesantren Zainul Hasan Genggong. Ada dua kategori lomba tahun ini, jasmani dan rohani. Sepak bola sebagai opening lomba jasmani akhirussanah dan berikutnya bulu tangkis, volly ball, tenis meja dan catur. Untuk lomba  rohani antara lain pidato tiga bahasa, MSQ, cerdas cermat, nasyid nadzom, baca kitab kuning dan kaifiyah shalat Jumat.

Pertandingan jasmani kali ini sangat menyita perhatian supporter dan kontestan dari tiap daerah, karena jika kalah sekali saja mereka sudah tidak bisa bertanding lagi. Karena tahun ini ada sedikit perbedaan pada kompetisi tersebut dari tahun lalu, kali ini perebutan gelar juara ditentukan dengan sistem gugur. “Tahun yang kemarin sistem lomba yang dipakai adalah sistem poin berbeda dengan tahun ini, sistem yang dipakai yaitu sistem gugur, karena waktunya sangat dekat dengan Haflatul Imtihan dan padatnya kegiatan santri,” Ungkap Ust. Candra, ketua panitia lomba akhirussanah.

Sistem yang diterapkan kali ini disesuaikan dengan alokasi waktu yang sudah mendekati Imtihan. Sistem ini membuat para kontestan berusaha lebih keras.” Kalau sistem gugur maka tidak ada harapan main beberapa kali untuk mengejar poin, yang jelas kami harus memaksimalkan setiap pertandingan agar terhindar dari kekalahan,” jelas Sholeh kepala daerah E SMK.

Dengan dilaksanakannya lomba ini, diharapkan semua daerah lebih menjunjung sportifitas pertandingan dari pada aksi profokasi untuk mendapatkan kemenangan, “karena lomba ini hanya hiburan dan asah potensi untuk raih prestasi” pungkas Ust. Chandra.(mfd//kh/sh)

Previous Article

Muslimat NU: Negara Baik Dibangun dari Keluarga yang Baik

Next Article

MADITA ZIAROH JAWA MADURA

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: