Kategori: Berita Terbaru

MA Zaha 1 Gelar ABS Internal

GENGGONG– Madrasah Aliyah Zainul Hasan (MA Zaha) 1 Genggong akan melaksanakan Amal Bakti Santri (ABS) pada Januari mendatang. Kegiatan ini khusus untuk santri Program Keagamaan (PK) yang dikirim ke pesantren-pesantren di luar Kabupaten Probolinggo, sebagai bentuk pengabdian kepada pesantren dan masyarakat.

Sebelum ke luar kota, MA Zaha melaksanakan rangkaian kegiatan ABS di lingkungan internal lembaga pesantren Zainul Hasan Genggong, mulai Rabu, (20/11). Sebanyak 85 santri putera dan puteri diterjunkan ke seluruh Madrasah Diniyah (Madin) di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong. Diantaranya Madin Pondok Pusat, Pondok Darut Tauhid, Pondok Sabilul Hasan, Pondok Raudhatul Hasaniyah 1, Pondok Raudhatul Hasaniyah 2, Pondok Bustanul Hasan, dan Pondok Damanhuri Romly Puteri.

“Kegiatan ini akan selesai tepat sebelum para santri menghadapi penilaian akhir semester ganjil, sekitar tanggal 12 Desember,” jelas Solihin selaku Waka Kurikulum.

Selain praktik mengajar di Madin, santri PK juga mendapat tugas untuk mengajar di MA Zaha pada kelas X dan XI baik Program Umum maupun Keagamaan. Meskipun mengajar adik-adik kelasnya, cara mengajar para santri dinilai langsung oleh guru pengampu mata pelajaran yang juga ikut memantau di dalam kelas.

Menurut Kepala Madrasah, Nun Ahsan Maliki, kegiatan praktik mengajar sudah biasa dilakukan oleh pendahulu MA Zaha, namun sejak tahun 2012 kegiatan ini mengalami banyak perubahan dalam konsep pelaksanaannya. “Saya berharap kegiatan ini bisa mendidik dan membentuk karakter pelajar ilmu bagi anak PK, bahwa santri itu bukan hanya sekadar belajar dan mengamalkan ilmunya, namun juga harus bisa mengembangkan dan mengajarkan ilmu yang dimiliki,” tutur Kepala Madrasah yang akrab disapa Nun Alex ini.

Beliau juga menyampaikan, bahwa melalui kegiatan ABS ini para santri dapat menambah ilmu melalui mengajar dan memperoleh keberkahan. (en/dhan)

Bagikan
Dipublikasikan oleh
Ayex Genggong

Artikel Terkait

Begini perjalanan INZAH Alih Status Menjadi UNZAH Genggong

Kraksaan: Berdasarkan KMA (Keputusan Menteri Agama) bernomor 394/2020, tanggal 13 April 2020  yang diserahkan oleh…

12 Mei 2020

Masuk 10 Ramadhan, SMA ZAHA Genggong Bagikan Sembako Ke Tukang Becak

Genggong:  Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat di bulan suci Ramadhan ini,…

3 Mei 2020

Terbit Buku Mahfudhat Fadlailul Iman, Ini Kata Kiai Mutawakkil Alallah

Genggong: “ Zaman boleh berubah, Aqidah tetap kuat. Zaman boleh berubah, Syariat terjaga. Zaman boleh…

30 April 2020

Ramadhan Berkah, Pesantren Zainul Hasan Genggong Kembali Berbagi

Genggong: Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat dalam meringankan beban masyarakat…

30 April 2020

Peduli Pandemi Covid-19, SMK Zaha Bagi-Bagi Sembako

GENGGONG - Dalam rangka ikut meringankan beban masyarakat selama pandemi covid-19, lembaga SMK Hafshawaty mengadakan…

28 April 2020

Peduli Dampak Corona, PDF Wustha-Ulya Berbagi Sedekah

GENGGONG - Gerakan peduli terus berdatangan pada warga terdampak pandemi Covid 19, khususnya keluarga kurang…

25 April 2020