Ribuan Santri Genggong Khidmat Ikuti Upacara Kemerdekaan

GENGGONG – Ribuan santri Pesantren Zainul Hasan Genggong mengikuti upacara pengibaran bendera merah-putih pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI, Sabtu (17/08/2019). Upacara yang digelar di lapangan P5 itu berlangsung khidmat.

Peserta upacara adalah seluruh guru, staf dan santri dari lembaga pendidikan tingkat dasar sampai perguruan tinggi di lingkungan Pesantren Zainul Hasan.

Amanat kepada peserta disampaikan oleh Pembina upacara Gus dr. Moh. Haris Damanhuri, M.Kes. Putra dari Nyai Hj. Diana Susilowati ini berpesan agar upacara 17 Agustus ini dijadikan momen penting untuk memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme generasi muda.

“Santri harus bisa menjaga jiwa patriotik dan nasionalisme,” tegasnya.

Gus Haris meminta pada masyarakat, khususnya masyarakat pesantren agar merenungkan jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam upaya merebut kembali kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Negara ini tidak hanya diperjuangkan oleh golongan nasionalis. Tapi juga pendahulu kita, guru dan kiai juga memiliki andil besar dalam keberadaan bangsa ini,” tegasnya.

Kepada para guru, beliau berharap santri tidak hanya difokuskan untuk belajar. Tapi, juga dibekali pengetahuan tentang nasionalisme dan semangat untuk membangun tanah air. (fid)

4.3
03
ayex: