Genggong Keluarkan Maklumat Wajib Pilih Gus Ipul-Puti

GENGGONG– Dukungan Keluarga Besar Pesantren Zainul Hasan Genggong, terhadap calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, benar-benar all out. Pesantren asuhan K.H. Moh. Hasan Mutawakkil Allallah, ini tak cukup menyampailan santri wajib memilih pasangan nomor urut 2 ini secara lisan. Namun, juga mengeluarkan Maklumat Pengasuh yang ditandatangani 10 pengasuh.

Maklumat tertanggal 9 Maret 2018, itu ditanda tangani oleh K.H. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah; K.H. Moh. Hasan Abdil Bar; K.H. Moh. Hasan Saiful Islam; K.H. Moh. Hasan Ainul Yaqin; K.H. Moh. Hasan Zidni Ilman; K.H. Moh. Hasan Naufal; dan K.H. Moh. Hasan Afini Maulaya.

Serta ditandatangani oleh 3 pengasuh pondok putri. Yakni, Nyai Hj. Diana Susilowati; Nyai Hj. Endah Nihayati; dan Nyai Hj. Malikal Bulqis. Dalam surat Maklumat itu disebutkan, semua santri dan alumni Pesantren Zainul Hasan Genggong wajib mendukung dan memilih psangan calon Gus Ipul-Puti dalam Pilgub Jawa Timur, 27 Juni 2018.

Didalamnya memang tidak disebutkan sanksi bagi yang tidak mematuhinya. Dalam surat itu hanya disebutkan, semua ini dalam upaya memilih pemimpin yang baik untuk rakyat Jawa Timur. Serta, menjaga muruah para kiai sepuh Jawa Timur.

Meski tak disebutkan sanksi, sebelumnya K.H. Moh. Hasan Mutawakkil juga sudah menyerukan kepada santri dan alumni usai melakukan kajian kitab di Masjid Albarokah Genggong. Isinya sama, mewajibkan santri dan alumni untuk memilih Gus Ipul-Puti. “Bila ada yang memilih yang lain, saya tidak ridha. Ini demi menjaga muruah para kiai sepuh di Jawa Timur,” ujarnya kala itu.

Santri dan Alumni Pesantren Zainul Hasan Genggong Wajib Mendukung

Kewajiban santri dan alumni Pesantren Zainul Hasan Genggong mendukung Gus Ipul-Puti juga disampaikan K.H. Moh. Hasan Saiful Islam. Ketika menyambut kedatangan Puti di Pesantren Zainul Hasan Genggong, Rabu (14/3), Kiai Saiful Islam menyebutkan, keputusan mendukung Gus Ipul-Puti bukanlah keputusan instan. Melainkan, sebuah keputusan yang diambil melalui jalan istikharah dan musyawarah oleh para kiai, termasuk para kiai sepuh di Jawa Timur.
“Salah satunya, musyawarah itu dilakukan di pesantren kita, Pesantren Zainul Hasan Genggong. Karenaya, seluruh santri dan alumni Pesantren Zainul Hasan Genggong, wajib mendukung dan memilih Gus Ipul dan Mbak Puti,” ujarnya.

Adanya Maklumat Pengasuh ini jelas langsung diamini oleh para santri dan alumni. Salah satunya, Hasan Jazuli, alumnus asal Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo. “Bagi kami, apapun yang diperintahkan guru, itu merupakan sebuah amanat dan tanggung jawab yang harus dijalankan, tanpa harus bertanya kenapa?” ujarnya.

Menururutnya, bila ada santri atau alumni yang masih mempertanyakan perintah gurunya yang jelas-jelas tidak bertentangan dengan aturan agama, itu patut dipertanyakan kadar kesantriannya. “Tidak ada orang yang merasa santri atau merasa masih alumni, yang berani menentang perintah kiainya,” jelasnya. (*)

3.6 / 5 ( 5 votes )

Lihat Komentar

Bagikan
Dipublikasikan oleh
Ayex Genggong

Artikel Terkait

Santri Genggong Hari Ini Kembali

GENGGONG - Berdasarkan surat edaran Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong K.H Moh. Hasan Mutawakkil Alallah,…

1 Juni 2020

Begini perjalanan INZAH Alih Status Menjadi UNZAH Genggong

Kraksaan: Berdasarkan KMA (Keputusan Menteri Agama) bernomor 394/2020, tanggal 13 April 2020  yang diserahkan oleh…

12 Mei 2020

Masuk 10 Ramadhan, SMA ZAHA Genggong Bagikan Sembako Ke Tukang Becak

Genggong:  Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat di bulan suci Ramadhan ini,…

3 Mei 2020

Terbit Buku Mahfudhat Fadlailul Iman, Ini Kata Kiai Mutawakkil Alallah

Genggong: “ Zaman boleh berubah, Aqidah tetap kuat. Zaman boleh berubah, Syariat terjaga. Zaman boleh…

30 April 2020

Ramadhan Berkah, Pesantren Zainul Hasan Genggong Kembali Berbagi

Genggong: Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat dalam meringankan beban masyarakat…

30 April 2020

Peduli Pandemi Covid-19, SMK Zaha Bagi-Bagi Sembako

GENGGONG - Dalam rangka ikut meringankan beban masyarakat selama pandemi covid-19, lembaga SMK Hafshawaty mengadakan…

28 April 2020