Pesantren Zainul Hasan Genggong Gelar Pelatihan Juru Penyembelihan Halal

Para Peserta Pelatihan Juleha foto bersama Drh. Iskandar Muda, M.Sc (tengah baju hitam), kamis, (18/07/2019).

GENGGONG: Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adlha 1440 (Iedul Qurban), Madrasah Diniyah Takmiliyah (MADITA) Pesantren Zainul Hasan Genggang menggelar program Pelatihan Juru Penyembelihan Halal (JULEHA) pada kamis, (18 /07/ 2019) tadi malam.

Madrasah yang dipimpin oleh K.H. Mohammad Hasan Maulana, S.Pd (Nun Diego) itu mendatangkan pelatih dari Asesor Juleha Nasional yaitu Bapak Drh. Iskandar Muda, M.Sc.

Bapak Iskandar Muda menuturkan bahwa pelatihan ini sangat berguna bagi para santri, pasalnya sekarang banyak pedagang daging sembelih seperti sapi, kambing dan ayam itu tidak menggunakan dengan aturan Islam, misalnya dengan diawali dengan baca basmalah, beragama islam, dihadapkan ke kiblat, potong urat nadi dan kerongkonganya. “ Bisa kita lihat sekarang sangat mudah membeli daging hewan baik di pasar maupun secara online, namun kita tidak tahu bagaimana proses penyembelihanya,” tutur pria yang tinggal di Malang.

“ Menyembelih hewan, tidak hanya terfokus pada bagaimana hewan tersebut bisa mati, dan dagingnya halal. Melainkan seorang menyembelih juga memperhatikan hewan sehat dan daging pun sehat dikonsumsi, tentunya ketika hewan yang hendak disembelih dalam keadaan stres baik disebabkan oleh kesehatan yang tidak baik atau proses penyembelihan terlihat oleh hewan lain yang akan disembelih juga, mengakibatkan hewan stres sehingga darah nya akan menghitam dan dagingnya juga tidak ideal dalam segi kesehatannya,” terangnya.

Hingga saat sesi penutupan, beliau berpesan agar para peserta nantinya tidak takut lagi dalam menyembelih hewan khususnya hewan Qurban “setelah pelatihan ini, diharapan supaya berani untuk menyembelih, bahkan juga bisa mensosialisasikan serta mengajarkan kepada orang disekitar kita tentang ilmu penyembelihan hewan secara baik dan benar, halal dan sehat.” Pungkasnya.

Pelatihan Juleha yang dimulai pada pukul 20.00 Wib itu diikuti oleh segenap guru madita dan sebagian santri, berakhir pada pukul  23.30 WIB dengan diakhiri foto bersama. (Riz/dra)

3 / 5 ( 2 votes )
Elsaif Faza: