Kategori: Berita Terbaru

Syekh Dr. Muhammad bin Ismail Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong

GENGGONG– Syekh Dr. Muhammad bin Ismail Zein al-Yamani dari Makkah kembali menghadiri Haul Al Marhum Al Arif Billah K.H. Moh. Hasan Genggong, Senin (25/6/2018). Kehadirannya dalam haul ke-63 ini merupakan kali kedua setelah hadir pada haul ke-61 dua tahun lalu.

Syekh Ismail yang didapuk memberikan mauidzah hasanah ini banyak membahas soal keistimewaan para waliyullah. Menurutnya, Allah SWT tidak akan mengangkat seseorang menjadi waliyullah tanpa ilmu. “Jika Allah berkehendak orang bodoh menjadi wali, maka Allah SWT akan memberikan ilmu dan keutamaan padanya,” ujarnya melalui penerjemahnya.

Beliau meyakini cinta kepada orang shalih dan menyambungkan hati padanya serta menghadiri majelis para ulama, akan menguatkan keimanan umat Islam. Ia mengutip pendapat Imam Malik bin Anas, bahwa fikih adalah sebuah cahaya. Maksudnya, memahami kitab-kitab orang shalih yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah dan mendengarkan ceramah di majelis para ulama, akan menerangi keimanan.

Menurutnya, seorang santri yang malas belajar, hendaklah membaca sejarah para ulama yang bersambung kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan mempelajari sejarah, santri akan senang dan termotivasi dengan perjuangan para ulama.

Beliau menegaskan, jika seorang muslim ingin sukses, hatinya harus bersambung kepada Rasulullah dan tidak boleh lepas. “Harus punya keinginan kuat menjadi umat yang sepesial di hadapan Rasulullah dahir dan batin. Seperti kedekatan para sahabat pada Rasulullah,” jelasnya.

Syekh Ismail juga tidak meragukan, majelis ini merupakan “kebun Surga.” Sebab, di tempat ini selama 24 jam ibadah dan belajar kitab dilakukan. “Ini yang membuat sepesial di hadapan Rasulullah,” ujarnya di hadaparan ribuan jamaah haul.

Di penghujung pidatonya, Syekh Ismail mendoakan keberkahan umat Islam dan keluarga besar Pesantren Zainul Hasan Genggong. Beliau juga berdoa khusus untuk kesembuhan Nyai Hj. Diana Susilowati yang kini sedang sakit. (mfd)

5 / 5 ( 1 vote )
Bagikan
Dipublikasikan oleh
Ayex Genggong

Artikel Terkait

Santri Genggong Hari Ini Kembali

GENGGONG - Berdasarkan surat edaran Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong K.H Moh. Hasan Mutawakkil Alallah,…

1 Juni 2020

Begini perjalanan INZAH Alih Status Menjadi UNZAH Genggong

Kraksaan: Berdasarkan KMA (Keputusan Menteri Agama) bernomor 394/2020, tanggal 13 April 2020  yang diserahkan oleh…

12 Mei 2020

Masuk 10 Ramadhan, SMA ZAHA Genggong Bagikan Sembako Ke Tukang Becak

Genggong:  Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat di bulan suci Ramadhan ini,…

3 Mei 2020

Terbit Buku Mahfudhat Fadlailul Iman, Ini Kata Kiai Mutawakkil Alallah

Genggong: “ Zaman boleh berubah, Aqidah tetap kuat. Zaman boleh berubah, Syariat terjaga. Zaman boleh…

30 April 2020

Ramadhan Berkah, Pesantren Zainul Hasan Genggong Kembali Berbagi

Genggong: Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat dalam meringankan beban masyarakat…

30 April 2020

Peduli Pandemi Covid-19, SMK Zaha Bagi-Bagi Sembako

GENGGONG - Dalam rangka ikut meringankan beban masyarakat selama pandemi covid-19, lembaga SMK Hafshawaty mengadakan…

28 April 2020