Kategori: Berita Terbaru

Nun Boy: Santri Jangan Mudah Dipecah Belah

HORMAT: K.H. Moh. Hasan Naufal saat memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional di lapangam P5 pesantren Zainul Hasan Genggong.

GENGGONG– Untuk mengingat sejarah peran santri dan ulama dalam perjuangan membela kemerdekaan RI, Ahad (22/10/2017) ribuan santri pesantren Zainul Hasan (Zaha) Genggong melakukan upacara di Lapangan P5.

Dalam upacara tersebut, K.H. Moh. Hasan Naufal selaku pembina upacara berharap para santri terus melanjutkan perjuangan para ulama dan santri terdahulu dalam membela Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peringatan Hari Santri harus bisa menjadi sarana santri untuk mengingat perjuangan santri dan ulama dalam mempertahankan negara dari usaha penjajahan. untuk itu, seyogyanya para santri jangan mudah dipecah belah oleh pihak yang tidak menginginkan keutuhan NKRI” ungkapnya.

K.H.Moh. Hasan Naufal mengungkapkan, santri harus selalu melakukan tabayyun atau klarifikasi bila dimedia sosial ada gejala yang massif ingin membenturkan ulama dan ummat. “Dengan bekal tabayyun, setiap masalah yang dihadapi bisa kita diselesaikan dengan bijak.” lanjut Kiai yang akrab dipanggil Nun Boy ini.

RAPI: Ribuan santri Pesantren Zainul Hasan Genggong saat mengikuti upacara Hari Santri Nasional di lapangam P5.

Selain berharap santri tidak mudah dipecah belah oleh pihak luar, Nun Boy berharap santri harus bisa mewarnai kehidupan berbangsa dengan melakukan kegiatan positif. Dalam hal ini, santri harus bisa menjadi pribadi yang mandiri.

“Kalau santri bisa mandiri, saya yakin suatu saat ia akan menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara. Karena peran santri ditengah masyarakat sangat dinantikan” pungkasnya. (mus)

3.3 / 5 ( 3 votes )
Bagikan
Dipublikasikan oleh
Ayex Genggong

Artikel Terkait

Santri Genggong Hari Ini Kembali

GENGGONG - Berdasarkan surat edaran Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong K.H Moh. Hasan Mutawakkil Alallah,…

1 Juni 2020

Begini perjalanan INZAH Alih Status Menjadi UNZAH Genggong

Kraksaan: Berdasarkan KMA (Keputusan Menteri Agama) bernomor 394/2020, tanggal 13 April 2020  yang diserahkan oleh…

12 Mei 2020

Masuk 10 Ramadhan, SMA ZAHA Genggong Bagikan Sembako Ke Tukang Becak

Genggong:  Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat di bulan suci Ramadhan ini,…

3 Mei 2020

Terbit Buku Mahfudhat Fadlailul Iman, Ini Kata Kiai Mutawakkil Alallah

Genggong: “ Zaman boleh berubah, Aqidah tetap kuat. Zaman boleh berubah, Syariat terjaga. Zaman boleh…

30 April 2020

Ramadhan Berkah, Pesantren Zainul Hasan Genggong Kembali Berbagi

Genggong: Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo terus membantu masyarakat dalam meringankan beban masyarakat…

30 April 2020

Peduli Pandemi Covid-19, SMK Zaha Bagi-Bagi Sembako

GENGGONG - Dalam rangka ikut meringankan beban masyarakat selama pandemi covid-19, lembaga SMK Hafshawaty mengadakan…

28 April 2020