AKPER – AKBID – STIKES HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG
PROFIL AKPER – AKBID - STIKES HAFSHAWATY

Puji syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT. atas taufiq dan hidayah-Nya bahwa Yayasan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo telah dapat mengembangkan program kelembagaan yang berorientasi pada pendidikan kesehatan yaitu mendirikan Akademi Keperawatan dan Kebidanan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong Program Diploma Tiga (D-III) dan pendirian akademi keperawatan ini atas dasar Rekomendasi Pusdiknakes Departemen Kesehatan RI. Dan memperoleh ijin operasional dari Menteri Pendidikan Nasional RI. Nomor 201/D/O/2002, tanggal 4 September 2002. dan AKBID Hafshawaty Zainul Hasan telah Memiliki ijin dari Dirjen Dikti Nomor : 234/D/O/2007, tertanggal 30 Nopember 2007.  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong telah memiliki Ijin Operasional dari Mendiknas RI No. : 234/D/O/2008 tertanggal 30 Nopember 2008, serta rekomendasi PPNI Pusat No. : 401/PP.PPNI/K/VIII/2008 dan rekomendasi PPSDM Depkes RI No. : KP.02.07/II/4/4629/2008., Program Studi Program Profesi Ners. Telah memiliki ijin dari Dirjen Dikti Nomor : 265/E/O/2014, tanggal 24 Juli 2014.

Yayasan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan segala kelebihan dan kekurangannya telah dapat mengembangkan misi pendidikannya secara terus menerus untuk mewujudkan visi pendidikan yang ideal yaitu mewujudkan manusia yang sholeh dan produktif.

Pendirian, AKPER, AKBID dan STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat komunitas pesantren secara khusus dan masyarakat secara umum yang ingin melanjutkan pada jenjang pendidikan tinggi program studi keperawatan dan kebidanan, disamping lulusannya dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik asuhan keperawatan maupun asuhan kebidanan sekaligus dapat membantu Pemerintah dalam mensukseskan Program Kesehatan Desa Siaga dan menuju Indonesia Sehat Sejahtera.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan Program Studi : S-1 Keperawatan, Program Profesi Ners,  dan D-IV Bidan Pendidik serta Akademi Keperawatan dan Kebidanan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan program Diploma III yang didirikan oleh Yayasan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong memiliki orentasi pada pendidikan skill dibidang Kesehatan, Institusi kesehatan adalah menjadi kebanggaan masyarakat Pesantren khususnya Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo dan masyarakat Probolinggo pada umumnya karena AKPER, AKBID dan STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong merupakan Institusi kesehatan yang berada di Kabupaten Probolinggo, yang diharapkan mampu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dibidang kesehatan dengan visi “Mewujudkan Perawat dan Bidan Professional yang Santri.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara institusional diperlukan pendidikan efektif yang ditunjang oleh sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi tinggi dan ditunjang oleh sarana prasarana yang memadai yang dilengkapi pula dengan fasilitas penunjang yang sangat dibutuhkan yaitu Sarana Transportasi berupa mobil ambulance dan Panthom Multi Fungsi untuk mengimbangi jumlah mahasiswa.juga laborarotorium keperawatan dan kebidanan juga laboratorium Bahasa dan komputer.

Seiring dengan masanya , AKPER, AKBID DAN STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan status AKREDITASINYA dengan Terakreditasinya AKPER Hafshawaty Pesantren Zainu Hasan Genggong  Oleh BAN PT Pada Tertanggal 28 Juli 2011  pada PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN telah Terakreditasi BAN-PT dengan  Nomor :  008/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VII/2011 dan terdaftar pada Keanggotaan AIPDiKI Nomor :  48/Reg.VI/AIPDiKI/2012,dan Terakreditasi  LAM PTKes dengan  meraih PREDIKAT “ B “ berdasarkan SK LAM-PTKes Nomor : 0831/ LAM-PTKes/ Akr/ Dip/X/2016 kemudian AKBID Hafshawaty Pesantren  Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong  pada Tanggal 18 Agustus 2011 telah terakreditasi BAN PT Kes dengan Nomor :  011/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/VIII/2011 dan Keanggotaan AIPKIND Nomor :  015/AIPKIND/2013 dan meraih PREDIKAT “ B “ berdasarkan SK LAM-PTKes Nomor 0720/ LAM-PTKes/ Akr/ Dip/VII/2016 dilanjutkan oleh STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong pada Program Studi :
PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN
Terakreditasi BAN-PT  Nomor :  032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012
Tertanggal 18 Oktober 2012
Keanggotaan AIPNI Nomor :  140/AIPNI/2010
PROGRAM STUDI PROFESI Ners.
Izin Penyelenggaraan  Nomor :  265/ E/ O/ 2014
Tertanggal 24 Juli 2014
PROGRAM STUDI D-IV BIDAN PENDIDIK
Terakreditasi BAN-PT  Nomor :  090/SK/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-IV/II/20013
Tertanggal 21 Februari 2013
Terakreditasi LAM-PTKes Meraih    PREDIKAT “ B “
Nomor 0135/ LAM-PTKes/ Akr/ Dip/ XI/ 2015,

STIKES HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG

VISI
“Menjadi Pusat Penyelenggara Pendidikan Professional dan Unggul yang menghasilkan perawat dan bidan SANTRI Berstandar internasional Tahun 2029.”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan diploma dan sarjana dibidang Kebidanan dan Keperawatan yang menitikberatkan pada pembelajaran berbasis karakter islami dengan pendekatan multimetode, multistrategi, dan multimedia
  2. Mengembangkan penelitian dasar dan terapan dibidang ilmu keperawatan dan kebidanan
  3. Mengembangkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah propinsi Jawa Timur khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya
  4. Menjalankan SATLOGI SANTRI dan 9 BUDI UTAMA SANTRI dalam kehidupan sehari – hari

TUJUAN PENDIDIKAN STIKES
A. Melaksanakan asuhan keperawatan secara holistik dan komprehensif dengan cara menerapkan asuhan keperawatan yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peran dan fungsi perawat:

  1. Menerapkan praktik dan ilmu keperawatan sesuai dengan peran, fungsi, tanggung jawab, dan tanggung gugat perawat.
  2. Menerapkan keperawatan komplementer sebagai alternatif pemecahan masalah keperawatan sesuai dengan peran dan fungsi perawat.
  3. Menerapkan kode etik dan prinsip etik dalam asuhan keperawatan secara komprehensif pada multi kasus
  4. Menerapkan aspek hukum dan peraturan yang berkaitan dengan kesehatan dalam melaksanakan asuhan keperawatan secara komprehensif pada kasus yang kompleks.

B. Melaksanakan manajemen keperawatan dalam pelayanan kesehatan dan komunitas:

  1. Berperan serta dalam pengelolaan pelayanan kesehatan dan lingkungan masyarakat.
  2. Mampu merencanakan pengelolaan klien, lingkungan dan pelayanan asuhan keperawatan komplementer di masyarakat.

C. Meningkatkan profesionalisme keperawatan

  1. Menerapkan konsep dan teori ilmu keperawatan dalam melaksanakan asuhan keperawatan komplementer dalam masyarakat.
  2. Melaksanakan asuhan keperawatan multi kasus melalui pengkajian, penetapan diagnose keperawatan, rencana, implementasi, dan evaluasi yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.\
  3. Mendokumentasikan seluruh proses keperawatan dalam upaya meningkatkan pelayanan keperawatan kepada klien.

D. Mengamalkan nilai-nilai islam dalam melaksanakan asuhan keperawatan

  1. Setiap tindakan keperawatan dimulai dengan bacaan basmalah dan diakhiri dengan bacaan hamdalah
  2. Mampu menerapkan karakter islami (komunikasi terapeutik) dalam memberikan pelayanan keperawatan

PENGADAAN SARANA TRANSPORTASI

Sarana transportasi merupakan salah satu kebutuhan bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan di desa-desa yang diprogramkan pada setiap bulan pada desa binaan untuk mensukseskan program pemerintah desa siaga yang dilakukan oleh mahasiswa AKPER, AKBID DAN STIKES Hafshawaty Pesantren  Zainul Hasan dan Juga dilakukan oleh santri siaga yang dikader menjadi tenaga penyuluh kesehatan di desa, disamping itu juga sarana transportasi mobil digunakan praktik jarak jauh ke luar kota untuk antar jemput mahasiswa sehingga keberadaan sarana transportasi sangat mendukung kegiatan akademik dan kemahasiswaan. Yayasan telah mempunyai 1 bis, 2 mobil ambulance besar, 1 mobil ambulance kecil, 1 mobil APV, dan 2 mobil Grand Max yang siap mengantarkan dan sebagai sarana transportasi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan Tri Dharma PT baik di layanan kesehatan maupun dimasyarakat.

Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan program pendidikan kesehatan siap mensukseskan pragram pemerintah ”Desa Siaga”  dan “POSKESTREN” Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan program-programnya melalui “Santri Siaga“ siap menjadi percontohan dalam pelayanan kesehatan baik dilingkungan pesantren maupun masyarakat umum.
PENGELOLA
Dosen Tetap yang dimiliki oleh STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo Program Studi S-1 Keperawatan dan Profesi Ners memiliki Dosen Tetap sebanyak  18  orang dan Program Studi D-4 Bidan Pendidik memiliki Dosen Tetap sebanyak 9 orang.  Akademi Keperawatan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan memiliki dosen tetap sebanyak 12 orang. Sedangkan Akademi Kebidanan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan memiliki dosen tetap sebanyak 12 orang
LAHAN PRAKTIK KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN
Lahan Praktik  Keperawatan dan Kebidanan yang didasarkan pada kerja sama kemitraan dengan instansi yang berasal dari beberapa rumah sakit dan Dinas Kesehatan, antara lain :

  1. Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Probolinggo
  2. Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur
  3. UPT Lanjut Usia Pandaan Pasuruan Jawa Timur
  4. RSU dr. Soetomo Surabaya,
  5. RSU dr. Saiful Anwar Malang,
  6. RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Malang,
  7. RSD dr. Soebandi Jember
  8. RSUD Abdoer Rahem Situbondo
  9. RSUD dr. Koesnadi Bondowoso
  10. RS Elizabenth Situbondo
  11. RSUD Dr. R Soedarsono Kota Pasuruan
  12. RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan
  13. RS Muhammadiyah Pasuruan
  14. RSUD Dr. Haryoto Lumajang
  15. RS Wonolangan Kab. Probolinggo
  16. RSU Dharma Husada Kota Probolinggo
  17. RSUD Tongas Kab. Probolinggo
  18. RSUD dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo
  19. RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kab. Probolinggo
  20. Balai Kesehatan dan BPS se Kota/Kabupaten Probolinggo
  21. Puskesmas se Kota dan Kabupaten Probolinggo
  22. Komunitas Desa di Kabupaten Probolinggo.

SARANA PRASARANA DAN FASILITAS PENUNJANG
AKPER, AKBID dan STIKES  Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong memiliki sarana prasarana :

  1. Ruang Kuliah
  2. Ruang Perpustakaan
  3. Ruang Laboratorium Klinik Keperawatan
  4. Ruang Laboratorium Kebidanan
  5. Ruang Laboratorium Komputer
  6. Ruang Laboratorium Bahasa
  7. Raung Pimpinan STIKES, AKPER dan AKBID
  8. Ruang Auditorium STIKES, AKPER dan AKBID
  9. Mushollah dan
  10. Lapangan Basket dan Futsal
  11. Lapangan Bulu Tangkis
  12. Pondok Pesantren Hafshawaty Putra dan Putri

LUAS AREA KAMPUS
Kampus STIKES, AKPER dan AKBID Hafshawaty Zainul Hasan Genggong terletak di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo Propinsi Jawa Timur, 25 KM. ke arah timur kota Probolinggo dibangun diatas tanah seluas 1,5 Ha.
PENUTUP
Demikian sekilas profil singkat ini kami buat untuk memberikan gambaran obyektif tentang keberadaan institusi  Hanya kepada Allah SWT. kami berdoa dan semoga Allah pulalah senantiasa menyertai serta meridhoinya. Amin.

Genggong, 02 Nopember 2016

Ketua,

Iin Aini Isnawati, S,Kep.Ns., M.Kes.

 

Website Resmi: http://stikeshafshawaty.ac.id/


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

%d blogger menyukai ini: