Download Kitab Ta’limul Muta’allim, Aplikasi Android dan Ebook

Tidak ada Komentar Share:
Kitab Ta'lim Muta'allim, yang disusun dan di karang oleh Syekh Az-Zarnuji,
Kitab Ta’lim Muta’allim, yang disusun dan di karang oleh Syekh Az-Zarnuji

Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan kitab klasik yang banyak dipelajari dan dikaji di sebagian besar pesantren yang ada di tanah air Indonesia ini , yang disusun dan di karang oleh Syekh Az-Zarnuji, merupaka kitab dan acuhan sekaligus bimbingan bagi seorang penuntut ilmu agar mendapatkan ilmu yang bermamfaat bagi dirinya dan Masyarakat pada umumnya.

Dalam kitab ini terdapat banyak sekali petunjuk – petunjuk bagi seorang penuntut ilmu, seperti halnya memilih guru dan teman yang akan di jadikan seorang guru dan teman untuk berdiskusi dan mencari solusi dalam permasalahan yang ada dalam masyarakat, cara memuliakan ilmu dan shohibul ilmi dan masih banyak hal – hal yang berhubungan tentang hak dan kewajiban penuntut ilmu.

Memuat beberapa pembahasan secara rinci sebagai berikut:

  1. Tentang hakikat ilmu, fiqh dan keutamaan fiqh
  2. Niat di dalam mencari ilmu
  3. Tatacara memilih ilmu, guru dan teman
  4. Pengagungan terhadap ilmu dan pemiliknya
  5. Pentingnya serius, konsisten dan adanya cita-cita
  6. Permulaan mengaji, ukuran dan susunannya
  7. Tawakkal
  8. Waktu mencari ilmu
  9. Pentingnya kasih sayang dan nasehat
  10. Istifadah
  11. Wara`
  12. Penyebab cepat dan lambatnya hafalan
  13. Pendorong rezeki

Itulah isi kitab Talimul Mutaallim yang mudah untuk dibaca tapi kadang sulit ketika akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari jika tidak tidak dibarengi dengan niat dan keistikomahan.

Tentang Pengarang Kitab Ta`limul Muta`allim, Syekh Az-Zarnuji

Imam al-Zarnji Terlahir dengan nama Burhanuddin al-Zarnuji, sebagian menyebutkan bahwa namanya adalah Syeikh Ibrahim bin Isma’il Al Zarnuji. Jika dilihat dari nisbahnya, yaitu Az-Zarnuji, maka sebagian peneliti mengatakan bahwa ia berasal dari Zaradj, yakni suatu daerah yang kini dikenal dengan nama Afganistan. Adapula yang menyebutkan bahwa ia berasal dari daerah Ma Warâ’a al-Nahar (Transoxinia). Tidak diketahui secara pasti mengenai tanggal kelahiran meupun sejarah kehidupannya, namun ada dua pendapat yang menjelaskan tentang wafatnya, yakni Pertama, pendapat yang mengatakan beliau wafat pada tahun 591 H./1195 M. Sedangkan pendapat yang kedua mengatakan bahwa Az-Zarnuji wafat pada tahun 840 H./1243 M.

Karya Az-Zarnuji yang berjudul Ta’allim al-Muta’allim ditulis dengan bahasa Arab. Kemampuannya berbahasa Arab tidak bisa dijadikan alasan bahwa beliau keturunan Arab. Beberapa referensi telah penulis telaah dan tidak ditemukan bahwa az-Zarnurji adalah bangsa Arab, namun bisa jadi hal itu benar, sebab pada masa penyebaran agama Islam banyak orang Arab yang menyebarkan agama Islam ke berbagai negeri, kemudian bermukim di tempat di mana ia menyebarkan agama Islam.

Az-Zarnuji menuntut ilmu di Bukhara dan Samarkan, yaitu ibu kota yang menjadi pusat keilmuan, pengajaran dan lain-lainnya. masjid-masjid di kedua kota tersebut dijadikan sebagai lembaga pendidikan dan diasuh oleh beberapa guru besar seperti Burhanuddin Ali bin Abi Bakr Al-Marginani (Th. 1197) pembesar ulama’ Hanafiyah pengarang kitab al Hidayah , Syamsuddin Abdil Wajdi Muhammad bin Muhammad bin Abdul Satar, selain itu banyak guru Az- Zarnuji yang pendapat-pendapat mereka banyak diangkat dalam karyanya Ta’allim al-Muta’allim.

Selain tiga orang di atas, Az-Zarnuji juga berguru kepada Ali Bin Abi Bakar Bin Abdul Jalil Al Farhani, Ruknul Islam Muhammad bin Abu Bakar yang dikenal dengan nama Khawahir Zada, seorang mufti Bukhara yang ahli dalam bidang fiqih, sastra dan syair, Hammad Bin Ibrahim ahli fiqih, sastra dan ilmu kalam, Fakhuruddin Al-Kasyani, Rukhnuddin al-Farhami ahli fiqih, sastra dan syair. Ia juga belajar kepada Al-Imam Sadiduddin Asy-Syirazi.

Dari karya beliau Kitab Ta’lim Muta’alim ini, dapat di ketahui bahwa beliau adalah sosok yang yang ‘Alim Fiqh yang bermadzham Hanafi dan fanatik terhadap Madzhabnya, terbukti beliau sering menyebutkan pendapat dari para ulama’ hanafiyah, bahkan beliau dalam mencontohkan kitab yang harus di pelajari dalam tahapan belajar, beliau menyebutkan Kitab-kitab Hanafiyah.

[hr]

 Download Ebook Dan Terjemahan Kitab Ta’limul Muta’alim

 Download Aplikasi Android Kitab Ta’lim Muta’alim

Gambar diambil dari Googel, Artikel diambil dari googel sebagian lagi dari cyberdakwah_com , Aplikasi Android oleh Daarul Hijrah Technology . Jika aplikasi error atau inkompatibel dengan device anda silahkan kontak developer tersebut.

Editor : Rio Bahtiar

Previous Article

Haul KH. Ahmad taufiq Hidayatullah

Next Article

Download Aplikasi Kitab Maktabah Syamilah Nahdlatul Ulama

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: