Pertunjukan Bela Diri Warnai Harlah Pagar Nusa Genggong Ke-36

Tidak ada komentar Share:

PAJARAKAN – Dalam rangka Hari Lahir (Harlah) Pagar Nusa Ke-36, Perguruan Pagar Nusa Komisariat Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Probolinggo menggelar berbagai atraksi bela diri. Atraksi itu dipamerkan di halaman P5 PZH Genggong, pada Minggu (2/1/2022).

Atraksi yang disajikan dalam acara tersebut, di antaranya seni jurus bela diri, seni debus, seni tarung bebas dan beberapa pertunjukan seni lainnya.

Aksi ini diperagakan oleh para pendekar handal di bawah naungan Pagar Nusa Komisariat Genggong yang membawahi 33 perguruan dengan jumlah total pendekar sekira 4 ribu lebih.

Ketua Pagar Nusa Komisariat Pesantren Zainul Hasan Genggong, Gus dr. Mohammad Haris Damanhuri menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk penguatan semangat dan mengingatkan kembali pada para pendekar saat ini terhadap perjuangan para leluhur.

“Untuk mengingatkan kembali bagaimana pagar nusa ini dibentuk. Serta mengingatkan pada para pendekar dalam membela negara dan mengawal para kiai Nahdlatul Ulama,” katanya.

Namun pada perinsipnya, kata kiai yang akrab disapa Gus Haris ini, seoarang pendekar Nahdlatul Ulama ini harus tetap berkhidmat pada pesantren, pada kiai, dan NKRI.

“Pantang menantang, tak surut bila ditantang. Itu prinsip pagar nusa kami,” kata Gus Haris. (yek)

Rate this post
  Next Article

Kiai Mutawakkil Berharap Kiai Miftachul Akhyar Tetap Jabat Ketum MUI

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: