Pondok Baitus Sholihin Genggong Gelar Wisuda Amtsilaty

Tidak ada Komentar Share:

GENGGONG- Santri Madrasah Kholafiyah Syafiiyah, Wustho – Ulya Zainul Hasan Genggong ikuti wisuda Amtsilaty ke – 3 pada Senin malam (29/03/2021), Pukul 19.30 WIB di halaman Pondok Baitus Sholihin Genggong Timur, Temenggungan, Krejengan, Probolinggo pada acara Haflah Tasyakkuran ke 10 Pondok setempat.

Wisuda ini diukuti 28 santri dari kelas 1 dan 2 Madrasah Wustho. Pengalungan sorban penghormatan diberikan langsung oleh KH. Moh. Hasan Maulana, salah satu Pengasuh Pondok Baitus Sholihin Genggong.

Sebelum diwisuda, 28 santri ini diuji kemampuan penguasaan kitab Amtsilaty dengan menggunakan tes baca kitab Fathul Qorib dan Kitab Safinatun Najah. Saat uji publik, mereka didampingi langsung oleh orang tuanya di atas pentas dan disaksikan oleh masyarakat yang hadir pada malam itu.

Koordinator Amtsilaty Jatim 3, Ustadz Alfan Efendi yang kala itu menjadi penguji mengatakan, calon wisudawan harus menghatamnkan kitab Amtsilaty jilid 1 sampai 5, baik materi dan setoran, kedua, praktek kitab Safinah Najah dari awal sampai akhir tanpa makna (kosongan, red). Ketiga, praktek mengaitkan Amtsilati pada kitab Safinatun Najah.

Alumnus Pondok Amtsilaty Jepara, Jawa Tengah ini mengaku, santri Baitus Sholihin Genggong sangat cekatan dalam menjawab pertanyaan yang diajuakan. “Alhamdulillah semua santri bisa menjawab. Bahkan soal yang kami tanyakaan di luar kitab Safinah juga mampu dijawab,” akunya.

Sementara itu, Kepala Madrasah, KH. Ahsan Qomaruzzaman, M.Pd. mengatakan, Haflah malam ini merupakan bentuk rasa syukur santri yang telah menyelasikan pendidikannya baik di tingkat Wustho maupun Ulya dan wisuda Amtsilaty.

Beliau berpesan agar santri terus mengasah kreativitasnya dan mengembangkan potensinya. “Dengan adanya kegiatan ini akan menjadi penyemangat santri dalam menggali potensi santri,” jelas, shohibul bait yang akrab dipanggil Nun Aka ini. (fid)

Previous Article

Olimpiade Sains Tahunan kembali diadakan

Next Article

Santri BSG Tampil Memukau pada Haflah Tasyakkuran

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: