Santri SMAU Genggong Torehkan Prestasi Internasional

Tidak ada Komentar Share:
Empat santri SMA Unggulan (SMAU) Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong berada di Istana Negara Malaysia.

GENGGONG – Empat santri SMA Unggulan (SMAU) Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, benar-benar bikin bangga kaum santri. Mereka mampu bersaing dengan 400 tim dari lima negara. Serta, meraih juara dalam ajang Kuala Lumpur Engineering Science Fair (KLESF) 2018 di Malaysia, Minggu (4/11/2018).

Dua Tim Tekno Terapan SMAU Genggong, ini sama-sama berhasil menjadi 10 tim terbaik ketiga. Melihat banyaknya peserta yang mencapai 400 tim, prestasi ini cukup baik. Dalam ajang ini, ada 10 sekolah dari Indonesia. Selebihnya, berasal dari lima negara. Yakni, dari China, Hongkong, Thailand, Singapore, dan Philipina.

Dua tim dari SMAU itu, meliputi Tim Smart Parking yang diisi Muhammad Arifin dan Sinta Darma Oktaviani. Mereka sama-sama dari kelas XII SMAU. Tim kedua, Tim Kontrol-Monitoring Banjir dengan Kontrol Pintu Otomatis oleh Rosida Aprilia Mardiana dan Dewi Lestari yang sama-sama kelas XI SMAU.

Seperti diharapkan sebelumnya, dua tim ini mampu mengharumkan nama Pesantren Zainul Hasan Genggong, di kancah internasional. Sebagai terbaik ketiga, dua tim ini berhak mendapatkan medali perunggu. Sedangkan terbaik pertama dan kedua banyak dari China dan Hongkong.

Perjalanan dua tim ini untuk daapat berlomba di tingkat internasional harus melalui jalan panjang. Pertama, mereka mengikuti event Inovasi Daerah gelaran Bappeda Kabupaten Probolinggo. Dari sana, mereka masih harus berprestasi di tingkat nasional. Hasilnya, saat itu mereka berhasil meraih medali emas dan mendali silver. Baru kemudian diikutsertakan dalam (KLESF) 2018 di Malaysia.

Guru Pembina Tekno Terapan SMAU Ustadz Muhammad Nizar, S.kom., mengaku sangat terharu, bahkan sempat tidak kuasa mengungkapkan kata-kata mendapati tim asuhannya keluar sebagai juara. “Tidak kusangka sesederhana ini, tim SMAU bisa juara III. Alhamdulillah, dengan penuh ikhtiyar, SMA Unggulan Haf-Sa mampu mempersembahkan inovasi kepada dunia,” ujar pembina Tim Smart Parking tersebut.

Begitu juga dengan Pembina Tim Kontrol-Monitoring Banjirdengan Kontrol Pintu Otomatis Ustadz Imron, S.T. katanya, pencapaian ini diluar espektasi dirinya. “Ini sangat luar biasa, semoga terus berlanjutprestasi-prestasinya,” ujar guru pengampu mata pelajaran fisika ini.Sedangkan, Kepala SMAUGenggong Ustadz Inzah, M.Pd.I., tak henti-hentinya bersykur atas prestasi yangberhasil diraih anak didiknya. Menurutnya, ini di luar dugaan karena melihatkompetitornya dari sejumlah negara di Asia. “Alhamdulillah wasyukrulillah, inibarokah sesepuh Genggong, tak banyak yang bisa kami ungkapkan, keculai rasasyukur atas pencapaian terbaik internasional ini,” ujarnya bangga. (mfd)

Santri SMAU Genggong Torehkan Prestasi Internasional
4.1 (82.22%) 9 votes
Previous Article

Beras Analog Khas SMAU Menjadi Daya Tarik Pengunjung

Next Article

RESMI: Pengurus OSIS-MPK SMA Zainul Hasan 1 Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, resmi dilantik, kemarin.

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: