Karomah KH. Sholeh Nahrawi dan Ibadah Haji

Tidak ada Komentar Share:

ALMARHUM KH. Sholeh Nahrawi, salah satu muassis Pesantren Zainul Hasan Genggong, memiliki banyak karomah yang hingga kini masih banyak diingat oleh masyarakat. Salah satunya adalah karomah beliau adalah bisa mengetahui orang yang ditakdirkan oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji.
Di Dusun Adiboyo, Desa Jatiadi, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, ada seorang warga yang merasakan karomah dari Kiai Sholeh. Ia bernama Hamzah, panggilan karibnya Kamza. Kini nama resminya menjadi H. Moh. Ali Hamzah.
“Dulu saat masih muda, Nun Kalim (KH. Sholeh Nahrawi) menyuruh saya ganti nama menjadi Ali kalau sudah naik haji. Agar nama asli saya tidak hilang, saya lengkapi menjadi H. Moh. Ali Hamzah,” ujarnya.
H. Ali adalah salah satu jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo yang baru menyelesaikan ibadah haji pada tahun 2018. Sebagian masa mudanya dihabiskan untuk menjadi santri di Pesantren Genggong.
“Sekitar tahun 1968, waktu itu umur saya 12 tahun, Nun Kalim menyuruh saya ganti nama jika ditakdir mampu menunaikan ibadah haji. Saya sedang di masjid. Waktu itu juga ada Nun Kalim. Lalu Nun Kalim menunjuk-nunjuk dirinya menggunakan bahasa isyarat. Saya tidak paham apa maksudnya,” terang H. Ali.
Hasan, hadam dari Nun Kalim, memberikan penjelasan terkait bahasa isyarat Nun Kalim. Menurut Hasan, Nun Kalim meminta Kamsa mengganti namanya menjadi Ali, yakni jika sudah menunaikan ibadah haji.
H. Ali yang kala itu masih berusia 12 tahun, mengaku tak terlalu memikirkan isyarat tersebut. Namun sekarang, ia sadar bahwa isyarat itu menandakan bahwa dirinya bakal berangkat haji.
Selain soal haji, KH. Sholeh juga memberi isyarat lain kepada H. Ali. Yakni soal keturunannya. Nun Kalim mengisyaratkan H. Ali akan meiliki lima orang anak. “Ternyata apa yang diisyaratkan Nun Kalim ini juga jadi kenyataan. Saya memiliki lima anak, tapi dua anak meninggal dunia saat dalam kandungan,” ungkapnya. (fid)

Karomah KH. Sholeh Nahrawi dan Ibadah Haji
4.5 (90%) 2 votes
  Next Article

Pesantren Genggong Peduli Gili Ketapang

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: