Nyai Endah Dikenal Tegas-Peduli Pendidikan

Tidak ada Komentar Share:

BERBAGAI kenangan tentang Pengasuh Pondok Putri Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Almarhumah Nyai Hj. Indah Nihayati Saifouridzall, terus tergali. Salah satunya yang banyak diakui santri dan alumni, soal sikapnya yang tegas dan sangat peduli terhadap dunia pendidikan.

Kabar maninggalnya adik kandung Ketua Tanfidziyah PW NU Jawa Timur K.H Moh. Hasan Mutawakil Alallah, ini juga viral diberbagai media sosial. Meninggalnya pemgasuh yang akrab dipanggil Nyai En, ini membuat para santri dan guru di Pesantren Zainul Hasan sangat kehilangan.

Menurut sejumlah santri dan guru, almarhumah semasa hidupnya sangat sayang terhadap para santri. Rasa itu dibuktikan dengan keistiqomahannya dalam mengajar santri putri.
“Ibu Nyai itu sangat telaten. Dulu saat beliau menjadi Biro Pendidikan Putri, beliau yang selalu mendampingi kegiatan musyawarah, khitobah, pengajian Alquran, dan kitab salaf. Intinya beliau sangat peduli pendidikan,” ujar salah seorang ustadzah di MA Zainul Hasan 1 Genggong, Mariyatul Qibtiyah.

Mery -panggilan akrab Mariyatul Qibtiyah- mengatakan, setiap santri diwajibkan selalu bersekolah dan mengikuti setiap kegiatan pesantren. Terhadap para khadam-nya, Nyai En juga sangat ketat, “Jika waktunya sekolah, ya sekolah. Tidak ada toleransi bagi santri untuk meninggalkan pendidikan,” ujar guru asal Kabupaten Banyuwangi ini.

Pernyataan serupa disampaikan ustadzah MA Zainul Hasan 1 Genggong, Misyati. Menurutnya, Nyai En merupakan sosok yang tegas, berwibawa, mengayomi, dan penyayang. “Kami sangat merasa kehilangan. Air mata ini tak tertahan saat kami melihat keranda yang dikelilingi ribuan pentakziah,” ujar guru bahasa Indonesia ini sembari menyeka air matanya.

Diketahui, Senin (23/7/2018), sekitar pukul 12.03 WIB, Nyai En meninggal dunia ketika menjalani perawatan di RSUD dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo. Putri keempat dari enam bersaudara pasangan suami istri Almarhum K.H Hasan Saifouridzall dengan Nyai Hj. Himami Hafshawaty, ini wafat dalam usia 52 tahun dan meninggalkan dua orang putra. (dra)

Nyai Endah Dikenal Tegas-Peduli Pendidikan
4.5 (90%) 10 votes
Previous Article

Ribuan Jamaah Hadiri Tahlilan Nyai Endah

Next Article

Ratusan Santri Hafshawaty Gelar Tahlilan

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: