Lautan Manusia Iringi Pemakaman Nyai Endah

Tidak ada Komentar Share:

GENGGONG – Keluarga besar Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, berduka. Senin (23/7/2018), salah seorang Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, Nyai Hj. Endah Nihayati meninggal dunia.

Putri keempat pasangan suami istri Almarhum K.H. Hasan Saifouridzall dengan Almarhumah Nyai Hj. Himami Hafshawaty, ini meninggal setelah sempat menjalani perawatan medis di RSUD dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo. Pengasuh pondok putri ini meninggal dengan meninggalkan dua putra pada usia 52 tahun.

Selama ini, adik kandung Ketua Tanfidziyah PW NU Jawa Timur K.H. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, ini dipercaya sebagai pengasuh Pondok Putri Pesantren Zainul Hasan. Senin, Nyai En-panggilan akrab Nyai Hj. Endah Nihayati- meninggalkan ribuan santri itu untuk selama-lamanya.

Salah seorang Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Gus dr. Moh. Haris mengatakan, Nyai En wafat di RSUD dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo, saat dalam penanganan medis. Senin pagi, mendadak tegangan darah Nyai En tinggi dan mengakibatkan pembuluh darahnya pecah.

Karenanya, Nyai En dilarikan ke Rumah Sakit Graha Sehat Kraksaan. Karena harus di-CT scan, Nyai En dirujuk ke RSUD dr. Moh. Saleh. “Karena pembuluh darah pecah dan deras, rencana akan dirujuk ke Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya. Tapi, karena kondisinya tidak memungkinkan, dilakukan penanganan untuk membuat kondisi normal, baru akan dirujuk. Tapi, ternyata pukul 12.03 beliau tutup usia,” ujarnya.

Kabar meninggalnya Nyai En menyebar begitu cepat di masyarakat. Sejumlah masjid dan musala turut mengabarkan kepergian Nyai yang juga aktif berdakwah ini. Di dunia maya, para netizen juga tak lupa mengungkapkan dukanya. Sejumlah grup alumni juga langsung ramai dengan ungkapan duka.

Pesantren Zainul Hasan Genggong, juga mendadak penuh warga. Ribuan warga datang untuk mengantarkan pendidik umat ini ke tempat peristirahatan terakhirnya. Ribuan santri juga tak henti-hentinya membacakan Alquran Surat Yasin dan Surat Al Ikhlas yang pahalanya dihadiahkan untuk Almarhumah Nyai En.

Sekitar pukul 19.00 WIB, Nyai En dikebumikan di pemakaman keluarga yang masih satu area dengan Pesantren Zainul Hasan Genggong. Beliau dikebumikan tak jauh dari makam para pendahulunya. Yakni, Almarhum Al Arif Billah K.H. Moh. Hasan; Almarhum Al Arif Billah K.H. Hasan Saifouridzall; dan Almarhumah Nyai Hj. Himami Hafshawaty. (*)

Lautan Manusia Iringi Pemakaman Nyai Endah
4.5 (90.71%) 28 votes
Previous Article

Sakit, Tetap Layani Ribuan Santri

Next Article

Kiai Mutawakkil: Mari Kita Jaga Haibah dan Martabat NU

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: