SMK Zaha Terima Bantuan Peralatan Praktik

Tidak ada Komentar Share:
Santri SMK Zaha saat Mencoba Praktik Menggunakan Alat Praktik yang Baru Diterima.

GENGGONG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Zainul Hasan Genggong Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo mendapatkan bantuan peralatan praktik siswa. Bantuan ini diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Peralatan tersebut ditujukan untuk program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR).
Ketua Jurusan TKR Andhika Dwi Anggara mengatakan, semua peralatan yang diterima dari Pemprov Jawa Timur untuk SMK cukup berguna. Sebab bantuan itu melengkapi alat praktik yang telah dimiliki SMK sebelumnya. “Bisa dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran kepada siswa,” ujarnya.
Total bantuan yang diterima SMK mencapai Rp 1 miliar. Setidaknya ada 4 peralatan yang diterima dari Pemprov Jawa Timur. Yakni peralatan spooring. “Peralatan ini membuat dudukan empat roda mobil kembali seperti awal, seperti settingan pabrik,” terangnya.
Berikutnya adalah trainer injection. Yakni sebuah alat peraga simulasi suplai bahan bakar dan pengapian dengan sistem elektrik (komputer) pada mesin mobil bensin. Peralatan ini menggunakan komponen rekondisi maupun baru. Dilengkapi dengan socket diagnostic, sehingga dapat dikoneksikan dan didiagnosa dengan alat engine diagnostic (engine scanner).
Peralatan ketiga yang diterima SMK adalah rak dan hands tool. Yakni seperangkat perkakas dalam bidang teknik kendaraan ringan. “Khususnya yang digunakan dalam hal praktek siswa dan pembelajaran siswa,” terang Andhika.
Peralatan keempat adalah trainer hidrolik. Peralatan ini sangat tepat dimanfaatkan oleh para siswa SMK, mahasiswa, dan semua kalangan yang bidang pekerjaannya bersentuhan dengan kegiatan elektronik dan industri. Trainer hidrolik sendiri adalah peralatan teknik otomasi, elektronika industri, dan industrial kontrol.
“Sistem ini telah didesain sangat aplikatif dengan kebutuhan industrial kontrol yang up to date. Perangkat ini dapat diaplikasikan sebagai sarana pelatihan industri yang mengaplikasikan sistem hidrolika. Tentu mendukung kegiatan kami,” terang Andhika. (*)

SMK Zaha Terima Bantuan Peralatan Praktik
3 (60%) 2 votes
Previous Article

Ratusan Siswa SMA Unggulan Haf-Sa Suntik Difteri

Next Article

Rayakan Dies Natalis ke 15, SMAU Haf-Sa Lantik Pengurus IKA Baru

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: