Hafalan Alquran 18 Santri Diuji Publik

Tidak ada Komentar Share:
UJI PUBLIK : Salah satu santri SMP Zainul Hasan 1 Genggong sedang uji publik juz 30

GENGONG- Sebagai lembaga di bawah naungan pesantren, SMP Zainul Hasan 1 (Zaha 1) Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, tak lupa membekali santrinya dengan ilmu Alquran. Senin (27/11/2017), SMP Zaha 1 menggelar Uji Publik 18 santri penghafal Alquran juz ke 30.

Belasan santri itu diuji kemampuannya dalam membaca Alquran. Mulai dari kelancaran hafalan, ketepatan tajwid, sampai lagunya. “Acara ini diadakan untuk menguji kelancaran hafalan, ketepatan tajwid, serta lagu saat membacakan Alquran,” ujar Ustad Komari. Menurutnya, sejatinya ada 30 santri yang sudah hafal, tapi yang siap diuji publik hanya 18 santri.

Belasan santri itu diuji oleh Kiai Zubair Zainuri, Pengasuh Tahfidzul Qur’an Pesantren Zainul Hasan Genggong, dewan guru, dan santri SMP Zaha 1 mulai dari kelas VII sampai kelas IX. Dalam ujian ini, semula peserta diminta mengambil tiga gulungan kertas secara acak. Kemudian, gulunga kertas berisi potongan ayat itu diserahkan kepada penguji.

Lalu, penguji membacakan ketiga potongan ayat secara bergantian itu dan harus dilanjutkan oleh peserta. Begitu seterusnya sampai peserta ke 18. Dari belasan peserta itu, mayoritas sudah lancar. Namun, ada sebagian yang lupa dengan hafalannya, sehingga tidak bisa melanjutkan potongan ayat yang dibacakan penguji.

Sambil menunggu dewan penguji mengumpulkan nilai ujiannya, acara ditutup dengan doa oleh Ustad Ali Jabli. Kemudian panitia mengumumkan lima peraih nilai tertinggi. Di antaranya ada Irmawati kelas VII-D dengan nilai 540; Rizalatul Qhusairiya kelas IX-H (nilai 498); Hilya Abadina kelas IX-G (nilai 495); Arifah Billah kelas IX-E (nilai 490); Nada Salsabila kelas IX-E (nilai 485). (*)

Penulis : Fania & Sonia

Editor: Vidya

Hafalan Alquran 18 Santri Diuji Publik
2 (40%) 3 votes
Previous Article

Genggong Bersholawat, Bentuk Luapan Rindu dan Cinta Nabi

Next Article

Galeri Foto Genggong Bersholawat

Lainnya..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: