15 Menit Sampah Area Haul Lenyap

Tidak ada Komentar Share:
KOMPAK: Jamaah Haul K.H. Hasan Saifouridzall kompak membersihkan area haul.

GENGGONG– Beragam cara dilakukan para santri, alumni, dan jamaah haul untuk mencari barokah para masyayikh Pesantren Zainul Hasan Gengong, Kecamatan Pajarakan, kabupaten Probolinggo. Tak hanya hadir dan mengikuti majelis haul, mereka juga turun tangan membantu kesuksesan haul. Termasuk, dalam membersihkan area haul dari sampah sisa-sisa kegiatan haul.

Dalam haul Almarhum Al ‘Arif Billah K.H. Hasan Saifouridzall di Pesantren Zainul Hasan Genggong, Rabu (23/8/2017), para santri, alumni, dan jamaah haul langsung turun untuk membersihkan area haul. Tanpa komando, mereka seakan sudah tahu tugasnya untuk menyingkirkan semua jenis sampah yang berada di tempat haul. Mulai dari Masjid Jamik Al Barokah Genggong, halaman pesantren, sampai halaman SMP dan SMA Zainul Hasan Putri.

Dengan kekompakan santri, alumni, dan jamaah dalam bersih-bersih, sekitar 15 menit halaman pesantren asuhan K.H. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah ini bebas sampah. “Semua santri dan alumni kompak membersihkan halaman ini, tidak lain tujuannya hanya berharap barokah muassis Genggong,” ujar Candra, salah seorang alumnus Pesantren Zainul Hasan Genggong asal Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo.

Haul Almarhum Al ‘Arif Billah K.H. Hasan Saifouridzall kemarin, memang banyak menyita perhatian jamaah. Ribuan jamaah dari berbagai daerah memadati acara haul di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Mereka tak hanya berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur, tapi ada juga yang datang dari Bali dan Jakarta. Bahkan, dalam haul ke 26 ini panitia juga menyediakan konsumsi cukup banyak bagi jamaah. Mencapai 2.000 nasi baki dan 5.000 nasi bungkus. Namun, ribuan porsi nasi itu belum mampu mencukupi kebutuhan jamaah. Sebab, masih banyak jamaah yang tak kebagian. (*)

Nilai tulisan ini
Previous Article

Kiai Hasan Saifouridzall Sosok Ulama yang Komplit

Next Article

Ribuan Nasi Baki-Nasi Bungkus Ludes

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: