Tingkatkan Kemampuan Baca Qur’an Santri, LPTQ Gelar MTarQ

Tidak ada Komentar Share:

GENGGONG – Guna meningkatkan daya minat dan saing santri dalam mengembangkan kemampuan membaca alqur’an, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Pesantren Zainul Hasan Genggong menggelar lomba Musabaqah Tartil Qur’an (MTarQ) Rabu, (26/04/2017) pukul 20:50 WIB sampai selesai di Masjid Jami’ Al-Barokah Genggong, yang diikuti santri terbaik di tiap-tiap kelompok pembinaan belajar alqur’an pesantren setempat.
Dalam lomba ini, ada 44 delegasi dari tiap kelompok baik pondok pusat maupun cabang yang mengikuti lomba baca alqur’an ini. “16 utusan terbaik dari kelompok ngaji yang di masjid. 28 dari daerah dan pondok-pondok cabang Genggong,” jelas ustadz Sandi Zainullah, S.Pd.I pembina LPTQ.

Abdul Wahid, salah seorang peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an saat membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an dihadapan juri, rabu (26/04/2017).

Ustadz Abdul Wafi Haris SH, M.Pd.I, mewakili biro kepesantrenan dalam sambutannya mengharap LPTQ mampu memaksimalkan programnya dan memfungsikan bawahannya sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab. “Semoga dengan pengabdian ini, kita mendapat barokah dari para muassis Pesantren Zainul Hasan,” ungkapnya.
Santri Zainul Hasan harus mampu menguasai kitab suci alqur’an dengan aktif belajar di kelompok-kelompok yang telah dijadwalkan di pesantren tiap selesai shalat magrib dan yang diprogramkan di sekolah masing-masing. “Minimal mampu membaca alqur’an dengan baik dan benar merupakan harga mati yang harus dimiliki semua santri Genggong,” jelas ustadz Wafi.
Menurutnya, para peserta MTarQ yang mengikuti lomba ini adalah santri-santri pilihan dari tiap kelompok pembinaan alqur’an yang harus menunjukkan kemampuannya dalam membaca alqur’an. “Kalian merupakan santri terbaik diantara yang baik di kelompok atau pondok masing-masing, sehingga kalian ditunjuk mengikuti musabaqoh ini. Maka dari itu kalian harus menampilkan diri jadi santri yang terbaik diantara peserta lain,” ungkapnya.
Lomba ini adalah rangkaian acara pentashihan alqur’an untuk kelas takhasus khassoh (kelas khusus) pada malam sebelumnya, Selasa (25/04/2017). Ujian baca alqur’an ini diikuti 20 santri khusus kelompok belajar alqur’an tingkat akhir yang nantinya disiapakan sebagai tutor pembinaan alqur’an tingkat awal. Pentashihan ini biasa digelar setiap menjelang haflatul imtihan Pesantren Zainul Hasan Genggong. (Mfd)

Tingkatkan Kemampuan Baca Qur’an Santri, LPTQ Gelar MTarQ
Nilai tulisan ini
Previous Article

Bursa Efek Inzah Raih Juara II Nasional

Next Article

Rayakan Malam Isra’ Mi’raj dengan Hataman Kitab Dardir Mi’raj

Lainnya..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: