Pramuka SMP Zaha 1 Raih Juara Umum LT-III

Tidak ada Komentar Share:
Trofi Juara Umum diterima oleh peserta dari SMP Zaha 1 Genggong

Berhasil Bawa Pulang 18 Trofi

GENGGONG- Regu Pramuka SMP Zainul Hasan 1 (Zaha 1) Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, berhasil menjadi juara umum dalam Lomba Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka tingkat Pramuka Penggalang se-Kabupaten Probolinggo. Dalam lomba yang digelar di Pantai Bentar, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, pada Jumat-Senin (24-27/3/2017), utusan SMP Zaha 1 itu membawa pulang 18 trofi.

Lomba ini diikuti oleh regu pramuka penggalang dari 24 Kwartir Ranting (Kwaran). Terdiri dari 24 regu putra dan 24 regu putri dengan 384 peserta. Hasilnya, Regu Pramuka SMP Zaha 1 mampu meraih 18 trofi dari 37 kategori yang dilombakan.

Delapan belas lomba itu, di antaranya, juara I Cerdas Cermat; juara I Pidato Kebangsaan; juara I Puisi Kebangsaan; juara I Beribadah; dan juara 1 Renang. Serta, juara I Tapak Kemah (Tim Pramuka); juara I Masak Rimba (Tim Pramuka); juara I Bivak (Tim Pramuka); juara I Peta Pita (Tim Pramuka); juara I Pertolongan Pertama (Tim Pramuka); juara I Kehidupan Berkemah (Tim Pramuka); dan juara I Kompas (Tim Pramuka).

Ada juga juara II Memanah; juara II Robotika; juara II Samapta; juara II Tapak Kemah; juara III Pioneering; dan juara III Fotografi. Sederet trofi yang akan menghiasi lemari kantor SMP Zaha 1 ini, ternyata hanya diraih oleh 10 santri terbaik yang dibawa dalam ajang bergengsi ini.

Pembina Pramuka SMP Zaha 1 Ustad Haevi, S.Pd., mengatakan, dari 10 santri itu 8 santri merupakan peserta inti dan 2 santri lainnya sebagai juru masak. Syukur, meski hanya melakukan persiapan sekitar 15 hari, Regu Pramuka SMP Zaha 1 berhasil meraih prestasi gemilang.

Kak Haevi -sapaan akrab Ustad Haevi dalam regu pramuka- menambahkan, jauh-jauh hari SMP Zaha 1 menyeleksi siswa yang pantas masuk dalam regu pramuka ini. Seleksi ini meliputi aspek kecerdasan, keuletan, fisik, dan daya juang yang tinggi. “Dari 32 siswa yang diseleksi, hingga tersisa 8 siswa yang diikutkan lt III (lomba tingkat III, Red) ini,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala SMP Zaha 1 Genggong Ustad H.A. Izzuddin, M.Pd., mengaku selalu menyiapkan bibit yang baik dan unggul untuk tingkat pendidikan selanjutnya. Beliau mencontohkan, alumni SMP Zaha 1  yang melanjutkan di MA Model Hafshawaty beberapa tahun lalu berkesempatan mengikuti Pramuka Internasional di Kenya, Afrika Utara. “Caranya yang ngeramut juga harus unggul dan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko kala membuka acara mengatakan, lomba ini dilaksanakan berjenjang dengan urutan lomba tingkat I dilakukan di gugus depan atau pangkalan sekolah. Lomba tingkat II dilakukan di Kwartir Ranting (kecamatan), lomba tingkat III dilakukan di Kwartir Cabang (kabupaten atau kota).

“Lomba tingkat IV akan dilakukan oleh Kwartir Daerah, dan lomba tingkat V dilakukan oleh Kwartir Nasional,” ujar pria yang juga Wakil Bupati Probolinggo itu.

Menurutnya, sasaran yang ingin dicapai dalam mengikuti lomba tingkat pramuka penggalang adalah penentuan prestasi sesuai tingkatannya, pemaksimalan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan, serta tambahan pengalaman. Selain itu, juga keterampilan, persahabatan, penguatan disiplin, serta rasa tanggungjawab kepada regu dan organisasi gerakan Pramuka. “Nanti pemenangnya akan tampil dalam lomba tingkat IV di Jombang bulan Juli 2017,” ujarnya. (mfd/rud)

Pramuka SMP Zaha 1 Raih Juara Umum LT-III
4.4 (88.57%) 7 votes
Previous Article

In Memoriam KH Aziz Masyhuri, Selamat Jalan Kiai Ensiklopedis

Next Article

HAUL KHM. DAMANHURI ROMLY, GUS ALI SERUKAN CINTA DAMAI

Lainnya..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: