Motivasi Santri, Madrasah Gelar Apel Pagi

Tidak ada Komentar Share:
apel-madrasah-diniyah-baitus-sholihin-genggong-timur
apel-madrasah-diniyah-baitus-sholihin-genggong-timur

Genggong- Apel pagi Madrasah Diniyah Baitus Sholihin Genggong Timur, Tamenggungan, Krejengan, Probolinggo yang diikuti seluruh santri baik Wustho (setingkat MTs) maupun Ulya (setingkat MA), dewan asatidz dan pengurus pesantren. Senin, (14/11/2016) pukul 07:00 WIB. Apel pagi ini dijadwalkan tiap setengah bulan sekali guna memotivasi semangat para santri.

Kegiatan apel pagi ini dilaksanakan seusai jama’ah shalat dluha. Seluruh santri kompak berpakaian koko putih dan bersarung. Sebagaimana yang telah disampaikan Kepala Madrasah, Non Ahsan Qomaruzzaman, beliau berpesan agar tiap hari Senin pagi dalam sebulan dua kali diadakan apel. “Besok setelah sholat dluha dan sebelum KBM masuk, kita adakan apel sesuai dengan rapat, apel dua minggu sekali,” pesannya, di Grup Telegram Madrasah.

Pada apel perdana ini, selain memberikan motivasi pada segenap santri, juga memberikan informasi penting berkaitan ikhtibar ganjil (semester gasal) yang akan dilaksanakan awal bulan mendatang. Non Aka -Sapaan sehari-hari Non Ahsan Qomaruzzaman- saat dimintai keterangan, beliau mengatakan tujuan Apel pagi ini adalah sebagai media silaturrahmi. “Menjalin silaturahim antar murid dan para guru serta memberikan motivasi agar para santri semangat selalu dalam menimba ilmu,” jelasnya.

Beliau menambahkan, semua santri diminta untuk mempersiapkan ujian yang sudah semakin dekat, tepatnya pada tanggal 3 Desember ini.  Beliau mewanti-wanti para santri untuk lebih giat lagi belajar dalam menghadapi ujian semester ganjil. “Koreksian kitab yang insya Allah akan dilaksakan se-minggu lagi,” akunya.

Pasca apel pagi, santri kelas III Wustho Putra pada jam pertama dan kedua mengadakan kegiatan “tambal” makna kitab Fathul Qorib yang kosong pada teman kelasnya. “Alhamdulillah bisa berlatih mengajar makna untuk teman,” aku salah satu santri yang sedang membacakan kitab untuk teman-temannya.

semangat-belajar-memanai-kitab-yang-kosong-guna-persiapan-ikhtibar-mendatang
semangat-belajar-memanai-kitab-yang-kosong-guna-persiapan-ikhtibar-mendatang

Dengan adanya apel pagi tiap sebulan dua kali ini diharapkan kegiatan madrasah yang notabene pelajaran kitab-kitab salaf ini semakin maksimal. “Harapan kami, semoga semuanya selalu semangat baik mengajar dan belajar,” pungkas Non Aka. (Mfd)

Motivasi Santri, Madrasah Gelar Apel Pagi
2 (40%) 1 vote[s]
Previous Article

DERASNYA GUYURAN HUJAN, TAK MENYURUTKAN SEMANGAT SHOLAWATAN

Next Article

Nun Harris Peringati HSN Bersama Warga Binaan

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: