Do’a Akhir Tahun Dan Awal Tahun; Santri Do’a Bersama

Tidak ada Komentar Share:
Gus Alex Memimpin Do'a Akhir Tahun
Gus Alex Memimpin Do’a Akhir Tahun

Genggong – Do’a akhir tahun 1435 H Pesantren Zainul Hasan, digelar Jumat (24/10) di masjid jami’ Al-Barokah Genggong, yang rencananya akan dilaksanakan jam 17;00 wib. Kegiatan tahunan ini diikuti semua santri, dengan berbaju putih sebagaimana yang diintruksikan gus Hassan Ahsan Malik, selepas shalat jum’at .

“Nanti sore ba’da ashar kita kumpul untuk membaca do’a akhir tahun, dan do’a awal tahun selepas maghrib, semua santri wajib mengikutinya dengan berpakaian baju putih,” jelas gus Alex. Dalam kegiatan ini, sebelum do’a dibacakan semua santri membaca Shalawat mudlariyah, shalawat muhammadiyah yang sering dibaca abuya sayyid Muhammad Bin Alawi Almaliki Al-Hasani, sampai imam do’a tiba di masjid.

“Saat semua santri menunggu shohibul bait hadir di masjid, kita baca shalawat yang biasa dibaca di pesantren,” papar Ust. Rosuli Zaid, S.H,. M.Pd, kabag kediniyahan pesantren Zainul Hasan. Menurut gus Alex , Do’a yang kita lakukan di pengujung tahun ini sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada Allah atas hal-hal yang kita lakukan di tahun sebelumnya.

Beliau menambahkan, Kita meminta ampunan atas kemaksiatan yang kita lakukan di sengaja atau tidak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita berdoa, karena dalam keadaan apapun kita harus senantiasa selalu ingat kepada Allah, terlebih di penghujung tahun dan diawal tahun ini, kita meminta agar Allah menjadikan lembaran kita di tahun selanjutnya putih bersih dengan amal-amal sholeh.

Senada dengan gus Alex, gus Aka berharap keluarga dan santri di tahun baru ini lebih baik ketimbang tahun-tahun kemarin, mulai dari segi prilaku, pekerjaan, ucapan dan lain lain. “Maka dari itu sebisanya kita mengintropeksi diri kita seperti yang di ungkapkan amirul mukminin Umar Bin Khottob saat datangnya tahun baru beliau mengatakan: hasibu anfusakum qobla an tuhasabu,” jelasnya.

Diakhir doa bersama ini, diharapkan semua santri mendapat cahaya hidayah dari Allah. “Semoga dengan doa ini, kita semua mendapat cayaha di hati, lisan, mata, telinga dan sekujur tubuh, sehingga kita sadar akan pentingnya ibadah,” pungkas putera pertama kH. Hasan Saiful Islam. [] Sh,Mfd

Do’a Akhir Tahun Dan Awal Tahun; Santri Do’a Bersama
5 (100%) 1 vote[s]
Previous Article

Ribuan Warga Hadiri Haul Akbar KH. Sholeh Nahrowi

Next Article

Video Qoriq Ust Taufiq – Acara Imtihan Yang ke 82

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: