OSBA 2014, Pesantren Zainul Hasan Genggong

Tidak ada Komentar Share:
Peserta OSBA 2014 Pesantren Zainul Hasan Genggong
Peserta OSBA 2014 Pesantren Zainul Hasan Genggong

GENGGONG – Seperti tahun sebelumnya, Pesantren Zainul Hasan Genggong menggelar kembali Orientasi Santri Baru (OSBA) 2014. Jum’at,(5/9). Yang di laksanakan di Aula SMP Zainul Hasan Genggong.

Acara tahunan ini dilaksanakan seusai sholat dhuha berjamaah bersama KH. M. Hasan Mutawakil Alallah. Seluruh peserta berkumpul di halaman Pesantren dengan dipandu oleh pengurus Pesantren. Acara ini dikuti oleh kurang lebih 250 peserta OSBA, yang tak lain adalah para santri baru dari berbagai lembaga mulai dari MTs, SMP, SMA, MA dan Mahasiwa Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Para santri dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya kelompok Sopan, Ajeg, Nasehat, Takwallah, Ridhollah dan Ikhlaslillahita’ala yang merupakan kepanjangan kata dari satlogi SANTRI.

Hal ini lebih meriah karena masing-masing kelompok mengeluarkan yel-yel ciri has dari mereka, seperti yang diciptakan oleh kelompok sopan. “kelompok sopan, santrinya Kiai Hasan, anaknya tampan-tampan, mondok di Pesantren Zainul Hasan, kelompok sopan, Yes, yang lain, No”. Serentak mereka membawakan yel-yel.

Dengan waktu yang sudah ditentukan oleh panitia, tepat pukul 09.00 semua santri berkumpul di Aula SMP ZAHA untuk mengikuti pembukaan OSBA 2014. Ustadz Abdul Wafi Haris, selaku Biro Kepesantrenan Pesantren Zainul Hasan Genggong secara resmi membuka kegiatan ini.

Selanjutnya, para peserta dibekali pengetahuan seputar pesantren yang dalam hal ini disampaikan oleh masing-masing kepala bagian (kabag), di antaranya dari Kabag Kedaerahan, Kabag Keamanan, Kabag Kediniyahan, Kabag Kesehatan dan Olahraga (Kesorga), Kabag Lembaga Batsul Masail (LBM), dan Kabag Lembaga Pengembangan Tilawatil qur’an (LPTQ). Agenda ini berlanjut hingga menjelang sholat maghrib.

Di malam seusai sholat maghrib, Peserta OSBA dilanjutkan dengan berkunjung ke pesarean pendiri pertama Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Zainul Abidin, yang berlokasi 300 m di sebelah barat Pesantren Genggong, tepatnya di tengah pesawahan.

Selain istighotsah yang dilaksanakan di Astah KH. Zainul Abidin, kegiatan OSBA dilanjutkan dengan renungan yang dipimpin oleh Ustadz Zainol Abidin selaku pembina kedaerahan guna untuk meluruskan niat para santri baru datang ke Pesantren Zainul Hasan.

Dan acara terakhir adalah pembagian hadiah kepada peserta dan kelompok terbaik yang paling aktif selama kegiatan OSBA berlangsung. Selanjutnya kegiatan ini ditutup dengan api unggun yang di kelilingi oleh peserta OSBA dan panitia sembari menyanyikan lagu-lagu pesantren ciptaan Alm. KH. Hasan Saiforridzal dengan maksud untuk mengenang jasa-jasa beliau.(sh/af)

OSBA 2014, Pesantren Zainul Hasan Genggong
Nilai tulisan ini
Previous Article

Launching Alih Status Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) Genggong-Kraksaan

Next Article

Pengasuh Lantik Pengurus Baru

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: