Refleksi Tahun Baru Hijriah; Genggong Bershalawat

Tidak ada Komentar Share:
Genggong Bershalawat
Santri Gelar Shalawat

Genggong Hari ini adalah hari dimana perkembangan Agama Islam dimulai. Tepatnya, peristiwa tersebut ditandai dengan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah.  Sebagaimana telah terceritakan mashur didalam sejarah, perjuangan Nabi di kota Makkah sangatlah berat. Oleh karena itu, Allah Memerintahkan Nabi untuk hijrah ke Madinah.

Ide menggunakan Hijrah Nabi SAW sebagai tahun pertama Hijriah dicetuskan oleh Umar Ibnu Khottob yang terkenal dengan ungkapan filosofisnya “Hitunglah (kesalahan) dirimu sendiri sebelum engkau dihisab”.

Sebagai salah satu pionir kemajuan pendidikan Islam di Indonesia, Pesantren Zainul Hasan, untuk menyambut tahun baru isalam ini, 1 Muharram 1435H yang bertepatan dengan 5 Nopember 2013,  Melaksanakan kegiatan “Bershalawat” yang dilaksanakan di masjid Al-Barokah. Acara tersebut dimulai dengan pembacaan Syi’ir Tanpo Waton karya guru bangsa KH. Abdurrahmah Wahid.

Acara yang dipandegani oleh KH.Hassan Ahsan Malik tersebut diikuti oleh seluruh santri dan Muslimin dari sekitar pondok.  Acara yang sangat meriah tersebut dilanjutkan dengan membaca Maulid Diba’i dan Barzanji.

Santri semakin bersemangat ketika dipandu untuk melantunkan shalawat Thala’al Badru. Shalawat thala’al badru adalah shalawt yang di lantunkan pertama kali oleh sahabt anshar ketika menyambut kedatangan Nabi di kota Madinah. (kh)

Nilai tulisan ini
Previous Article

HAUL AKBAR KH. SHOLEH NAHRAWI

Next Article

Damai Indonesiaku: Menyimak Ceramah Ustadz YM di Pesantren Genggong

Artikel Lainnya

%d blogger menyukai ini: